Jembatan Kepang Menjadi Daya Tarik Wisata

Jembatan Kepang

Changsha, PONTAS.ID – Jembatan tidak sekadar berfungsi menjadi sarana transportasi, melainkan bisa juga menjadi daya tarik wisata. Seperti yang dilakukan China. Negeri Panda itu meresmikan jembatan terbarunya yang berlokasi di Changsha, ibukota Provinsi Hunan.

Tidak seperti jembatan lainnya yang tampil kaku dengan beton, baja dan kabel besi. Jembatan bernama ‘Lucky Knot’ itu terlihat berputar dan terpilin, layaknya sebuah baja kepang. Jembatan unik berwarna merah itu merupakan rancangan Next Architects.

Mengutip Designboom, Lucky Knot Bridge sebenarnya merupakan tiga jembatan yang ‘dikepang’ menjadi satu struktur raksasa. mendapatkan proyek pembangunan jembatan itu setelah memenangkan kompetisi desain internasional pada 2013 silam. “Jembatan itu selesai dibangun pada akhir 2016,” ujar Michel Schreimachers, perwakilan Next Architects, dilansir Independent.

Jembatan masif itu terbentang melintasi Dragon King Harbor River, dan dibangun 24 meter di atas permukaan sungai, sehingga perahu dan kapal nelayan bisa melaju di bawahnya.

Lucky Knot Bridge sendiri memiliki tinggi 183 meter dan punya delapan pintu masuk bagi pejalan kaki yang ingin menikmati keindahan Changsha dari ketinggian. “Kami menamakan area pejalan kaki ini ‘Moon Gates’ atau jembatan bulan, karena jalanan itu saling bersilangan di lima titik,” kata Schreimachers, yang menyebut inspirasi jembatan itu memang datang dari rel roller coaster.

Tapi, sesungguhnya, ide awal jembatan itu berasal dari simpul keberuntungan China, yang kemudian menjadi nama bangunan tersebut. “Di kepercayaan China kuno, simpul itu melambangkan keberuntungan dan kesejahteraan. Sementara warna merah adalah simbol kebahagian dan kesuksesan,” tambah Schreimachers.

Adapun, Next Architects memang dikenal sebagai firma arsitektur yang kerap membangun jembatan-jembatan unik. Tahun lalu, mereka membangun jembatan di Belanda yang seluruh strukturnya bisa terbenam dalam air.

Previous articleZulhas Ingatkan Warga Jatim Coblos Nomor Satu
Next articleNilai Perdagangan RI-Pakistan Diyakini Meningkat di 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here