Harga BBM di Banggai Laut Tak Lagi Selangit

Lembaga Penyalur BBM Satu Harga, SPBU 74.948.01 di Banggai Laut, Sulawesi Tengah /Foto: BPH Migas

Jakarta, PONTAS.ID – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama PT Pertamina (Persero) terus melanjutkan BBM Satu Harga di seluruh Indonesia. Yang terbaru, yakni peresmian Lembaga penyalur BBM baru di Kecamatan Banggai Tengah, Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah.

“Ini merupakan salah satu agenda prioritas pemerintahan Jokowi-JK yang termasuk dalam Nawacita. Alhamdulillah Puji Tuhan pada hari ini masyarakat di Banggai Laut akhirnya bisa menikmati BBM dengan harga yang sama dengan di Jawa,” kata Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas, Harya Adityawarman dalam keterangan resminya, Rabu (18/4/2018).

Adityawarman menambahkan, Menteri ESDM, Ignasius Jonan, sebelumnya telah menerbitkan Peraturan Menteri ESDM No. 36 Tahun 2016 tentang Percepatan Pemberlakuan Satu Harga Jenis BBM Tertentu dan Jenis BBM Khusus Penugasan secara Nasional, “Yang diberlakukan sejak 1 Januari 2017,” katanya.

Adityawarman kembali menegaskan, Ditjen Migas Kementerian ESDM bersama BPH Migas dan Pertamina terus melakukan pemetaan lokasi sasaran program BBM Satu Harga.

“Untuk wilayah Sulawesi, setelah Banggai Laut akan ada 5 kabupaten lain yang didirikan lembaga penyalur BBM, yaitu Sigi, Gorontalo Utara, Konawe Kepulauan, Kepulauan Sitaro, dan Kepulauan Talaud,” pungkasnya.

Dorong Pertumbuhan Ekonomi
Dalam kesempatan yang sama, Bupati Banggai Laut H. Wenny Bukamo, menyampaikan apresiasinya dengan kehadiran Lembaga penyalur BBM berupa SPBU Regular ini, “Warga Banggai Laut merasa sangat bersyukur atas kehadiran SPBU di sini. Tentunya hal ini akan meringankan beban masyarakat yang selama ini kesulitan dalam membeli BBM,” kata Wenny.

Wenny menjelaskan, Banggai Laut merupakan daerah kepulauan dengan panjang jalan sekitar 400 km dan hanya seperempatnya yang beraspal.

“Dengan adanya SPBU Regular ini diharapkan akan mendorong kemajuan sektor transportasi dan mendukung perkembangan sektor perikanan, sehingga akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Banggai Laut,” kata Wenny.

Tingkatkan Kualitas Hidup
Dalam kesempatan yang sama, secara simbolis juga diresmikan lembaga penyalur BBM yang terletak di Distrik Prime, Kabupaten Lanny Jaya – Papua.

Menurut GM Marketing Operation Region (MOR) VII PT Pertamina (Persero), Tengku Fernanda, SPBU Regular Banggai Laut dan SPBU Kompak Lanny Jaya berturut-turut adalah SPBU ke-3 dan ke-4 yang telah beroperasi dari rencana 67 lembaga penyalur program BBM Satu Harga yang akan didirikan oleh PT Pertamina (Persero) di tahun 2018.

“Kapasitas tangki SPBU Regular yang diresmikan ini sebesar 15 KL Premium dan 15 KL Solar. Diharapkan dengan adanya SPBU ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Banggai Laut.” tambah Tengku.

Pendirian SPBU ini, lanjut Tengku, diharapkan akan membawa dampak positif bagi perekonomian serta meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat di Banggai Laut dan Lanny Jaya.

Turunkan Harga BBM
Ditambahkan Tengku, sebelumnya di Kabupaten Banggai Laut telah berdiri satu SPBU Regular yang terletak di Kecamatan Banggai untuk melayani masyarakat dengan menyediakan jenis BBM Premium dan Solar.

Masyarakat Banggai Laut sebelumnya membeli BBM jenis Premium dan Solar di pengecer dengan kisaran harga Rp 15.000 hingga Rp 30.000 per liter. Sedangkan di Kabupaten Lanny Jaya, harga BBM jenis Premium dan Solar mencapai kisaran Rp 20.000 hingga Rp 40.000 per liter.

Peresmian SPBU Regular ini dilakukan Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Kementerian ESDM Harya Adityawarman bersama dengan Anggota Komite BPH Migas Marwansyah Lobo Balia, GM MOR VII PT Pertamina (Persero) Tengku Fernanda, Bupati Banggai Laut H. Wenny Bukamo, jajaran TNI dan Polri, serta tokoh masyarakat Kabupaten Banggai Laut.

Editor: Hendrik JS

Previous articleBenih Hortikultura RI Tembus 10 Negara
Next articleKPK Segera Bahas Status Boediono Terkait Kasus Century

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here