Menkop UKM: Pemda Harus mampu Kembangkan UKM Center

Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga

Jakarta, PONTAS.ID – Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga meminta agar pemerintah daerah di seluruh Indonesia mampu menyediakan dan memanfaatkan ‘UKM Center’, agar pelaku UKM memiliki sarana pemasaran bagi produk yang dihasilkannya.

“Apalagi Sulawesi Utara yang memiliki potensi wisata terbesar kedua di Indonesia setelah Bali. Karena, pariwisata tanpa kehadiran UKM juga akan kering”, kata Puspayoga selaku Menteri Koperasi dan UKM, Jakarta, Selasa, (17/4/18).

Menkop menambahkan, agar sebuah destinasi wisata semakin banyak dikunjungi turis, maka semua pihak harus mampu memelihara kearifan budaya lokal. “Hal itu bisa ditunjukkan dengan kehadiran kuliner khas daerah, handicraft, keindahan alam yang dimiliki masing-masing daerah, dan sebagainya. Di sini peran UKM sangat diperlukan”, tukas Puspayoga.

Menurut Menkop, agar UKM di destinasi wisata bisa berjalan sukses juga harus mendapat dukungan penuh dari Pemda setempat. Salah satunya menyangkut hak cipta produk UKM agar tidak dijiplak orang lain. “Pemda harus lebih giat menjaga menjaga hak cipta produk UKM dan hak merek bagi pelaku kuliner di daerahnya. Di acara ini juga disediakan Klinik Hak Cipta agar bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin”, tukas Menkop.

Menkop pun menambahkan, pemerintahan Jokowi tengah gencar membangun sektor infrastruktur dan pariwisata. Pembangunan infrastruktur bertujuan untuk mengurangi ongkos produksi, termasuk pelaku UKM. Sedangkan pembangunan sektor pariwisata untuk meningkatkan penerimaan devisa negara. “Dari dua fokus pembangunan itu mengandung tiga dampak positif, yaitu sosial ekonomi tinggi, sosial budaya tinggi, dan sosial politik tinggi yang berujung akan memperkuat NKRI”, tegas Puspayoga.

 

 

Previous articleKemenperin Siap Libatkan Pesantren Menyonsong Industri 4.0
Next articleDalam Dua Hari 770 Kg Mangggis Asal RI Ludes di Australia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here