HUT TNI AU, KSAU Ingatkan Pesan Soekarno

HUT TNI AU ke-72 (ist)

Jakarta, PONTAS.ID – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Yuyu Sutisna menekankan perayaan HUT TNI AU harus jadi sarana pelestarian perjuangan para perintis dan pelopor TNI AU. Yuyu juga mengingatkan jajarannya soal pesan Presiden RI pertama Soekarno.

“Oleh karena itu tanggal 9 April adalah saat yang tepat untuk terus menggali semangat pengabdian pantang menyerah dan dedikasi tinggi para pejuang, pelopor, sesepuh AU. Mereka telah meletakkan dasar pertahanan negara yang implementasinya sangat relevan terhadap keberadaan TNI AU dari masa dulu, masa sekarang hingga masa mendatang,” kata Yuyu dalam sambutannya di upacara HUT TNI AU ke 72 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (9/4/2018).

Yuyu kemudian mengutip penyataan Soekarno dalam perayaan HUT AURI tahun 1951. Saat itu, Soekarno mengatakan bila angkatan bersenjata Indonesia ingin sejajar dengan angkatan bersenjata dunia, harus memiliki angkatan udara yang kuat dan siap.

“Penyataan itu menggambarkan keberadaan angkatan udara dan angkatan bersenjata yang bertugas menjaga negara memiliki makna strategis di bidang pertahanan negara,” ucapnya.

Untuk itu, Yuyu meminta seluruh prajurit terus menanamkan semangat yang telah dirintis oleh para perintis TNI AU.

“Selain itu nilai pelopor angkatan AU harus tumbuh subur dalam sanubari generasi penerus dalam menjalankan tugas menjaga kedaulatan NKRI,” tambahnya.

Upacara perayaan HUT TNI AU ke-72 juga diisi oleh penampilan dan atraksi dari prajurit. Mulai dari Marching Band Gita Dirgantara, Pencak Silat, hingga atraksi Tim Aerobatik Jupiter.

TNI AU juga memberikan penghargaan kepada prajurit dan PNS TNI AU teladan. Penghargaan itu diberikan kepada Kolonel Pnb Adi Syahri, Serka Agus Supartono, Kopda Alexander dan PNS TNI AU, Agus Subagyo. Para penerima penghargaan masing-masing mendapat hadiah berupa rumah dinas.

Previous articleSebanyak 1,9 Juta Siswa SMA Ikuti UN Hari Ini
Next articleMenperin: Jateng Salah Satu Tujuan Utama Para Investor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here