ViWI 2018 Target 2,5 juta Wisatawan Mancanegara

Arief Yahya Menteri Pariwisata

Jakarta, PONTAS.ID – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyambut baik penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) 2018, dengan mengangkat tema ‘Mari Sukseskan Visit Wonderful Indonesia (ViWI) 2018’ yang berlangsung di Ballroom Hotel The Arista Palembang.

Menpar Arief Yahya, menyampaikan paparan tentang ViWI 2018 yang berkaitan dengan program Hot Deals, Calendar of Event (CoE), dan Digital Destination. “Paket hot deals tahun lalu telah dilakukan uji coba di Kepri, dan berjalan sukses dengan menjual 105.000 paket hot deals atau mencapai 100 persen. Kita mentargetkan ViWI 2018 menghasil 2,5 juta wisatawan mancanegara (wisman) atau sekitar 15 persen dari target 17 juta wisman tahun ini,” kata Menpar Arief Yahya, Jakarta, Jumat, (6/4/18).

Ketua Umum Badan Pimpinan Pusat PHRI, Hariyadi BS Sukamdani mengatakan, ViWI 2018 merupakan program bersama yang telah disepakati oleh 18 stakeholders pariwisata di Indonesia bersama Kemenpar. “Untuk menyukseskan ViWI 2018 perlu ditingkatkan koordinasi antara pemerintah pusat, stakeholders pariwisata, dan pemerintah daerah. Kepala Daerah sebagai CEO di destinasinya memiliki peran penting dalam menyukseskan program ViWI 2018 dengan membuat paket-paket menarik dan murah atau hot deals,” kata Hariyadi BS Sukamdani, sekaligus sebagai Ketua Pelakana ViWI 2018.

Menurut Haryadi, bahwa peran Kepala Daerah, adalah dari segi kesiapan infrastruktur, fasilitas, kalender event, keamanan dan kemudahan kebijakan terhadap para pelaku usaha di destinasinya, sedangkan terhadap 18 stakeholder pariwisata yang tergabung dalam tim ViWI 2018 memiliki tugas menciptakan paket-paket wisata murah dan menarik (hot deals).

“Suksesnya paket-paket hot deals yang dibuat tidak lepas dari peran pemerintah pusat dan daerah, baik dari harga maupun promosi. Kebijakan serta peraturan yang dikeluarkan pemerintah terhadap pelaku usaha juga memiliki peran yang sangat penting dalam pembuatan paket sehingga harga dari yang dibuat dapat bersaing dengan negara lain,” katanya.

Dalam sambutannya, Menpar menyampaikan ucapan selamat atas terselenggaranya Rakernas ke-3 PHRI. Menpar juga mengucapkan selamat atas usia PHRI ke-49 dan keanggotaan PHRI yang sudah sejumlah 9.000 anggota di 33 Provinsi di Indonesia. Menpar mengapresiasi dan berterima kasih kepada PHRI yang sudah menjadikan Program Visit Wonderful Indonesia sebagai tema utama Rakernas ke-3.

Hadir dalam acara Rakernas III PHRI di Palembang yaitu, Menteri Pariwisata, Arief Yahya didampingi Deputi Bidang Industri Kelembagaan, Rizki Handayani, dan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Dadang Rizky Ratman, Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan, Irene Sinaga.

Disela-sela acara Rakernas III PHRI, dilakukan penandatangan Mou antara PHRI dan Pertamina yang disaksikan Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengenai komitmen PHRI mengunakan lpg non subsidi dan penggunaan refrigerant ramah lingkungan (musicool) di seluruh hotel dan restoran di Indonesia yang tergabung dalam PHRI. Juga dilaksanakan Penandatanganan MoU antara Pemprov Sumatera Selatan dan Kemenpar dalam hal pengembangan destinasi wisata.

Previous articleBesok, Parlemen Malaysia Dibubarkan
Next articleKomisi IX Sesalkan Jokowi Teken Perpres Soal TKA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here