DPR Nilai Cuti Kampanye Buat Presiden Tetap Berjalan

Wakil Ketua DPR Agus Hermanto

Jakarta, PONTAS.ID – Wakil Ketua DPR Agus Hermanto menilai cuti bagi Presiden petahana ketika kampanye Pilpres 2019 membuat tugas dan kewajiban Presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan tetap berjalan meskipun menghadapi masa kampanye.

“Cuti bagi Presiden adalah yang terbaik agar dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya sehingga kehidupan berbangsa dan bernegara tidak terganggu,” kata Agus Hermanto di gedung DPR, Jumat (6/4/2018).

Dia menegaskan bahwa aturan wajib cuti bagi Presiden yang ikut kampanye Pilpres, sudah diatur dalam UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) sehingga harus dipatuhi.

Agus mencontohkan ketika Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) maju dalam Pilpres 2009, yang bersangkutan mengajukan cuti ketika akan berkampanye.

“SBY melaksanakan cuti ketika kampanye, misalnya, Senin-Kamis bertugas sebagai Presiden, namun Jumat-Ahad melaksanakan cuti dan itu bisa dilakukan karena dalam UU tidak mengatur kapan waktu pelaksanaan cuti,” ujarnya.

Dia mengatakan selama Presiden cuti kampanye, Wakil Presiden memiliki kewajiban menggantikan posisi Presiden apabila ada halangan sehingga tugas dapat diselesaikan.

Previous articleSingapura Cepat Realisasikan Program Kapal Pesiar yang Dikembangkan Indonesia
Next articlePanama Menarik Duta Besar dari Venezuala

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here