Proyek KA Cepat JKT-SBY Masuki Tahap Finalisasi

KA Jakarta-Surabaya

Jakarta, PONTAS.ID – Studi proyek KA Cepat Jakarta-Surabaya, memasuki tahap finalisasi. Artinya sudah ada kemajuan meski perlahan.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zukfikri di Jakarta. “Studi sedang dikerjakan sekarang dalam tahap finalisasi,” kata Zulfikri.

Zulfikri menjelaskan, saat ini, studi yang dikerjakan oleh pihak Jepang, melalui Badan Kerja Sama Internasional Jepang (JICA), serta pihak Indonesia yakni Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), masih menggodok kebutuhan biaya proyek.

Pasalnya, lanjut dia, ongkos proyek yang ditaksir masih dianggap sangat mahal mengingat pembangunan tidak hanya jalurnya saja, tetapi juga harus membereskan 900 lebih perlintasan sebidang sepanjang Jakarta-Surabaya.

Total investasi KA Cepat Jakarta Surabaya mencapai Rp60 triliun, termasuk Rp20 triliun untuk 900 lintas sebidang kereta api Jakarta-Surabaya. “Diselesaikan dulu oleh JICA dan BPPT agar efisien karena nilainya cukup besar,” kata Zulfikri.

Zulfikri bilang, terkait adanya peluang sokongan dana dari investor asing, dalam hal ini, Japan Bank for International Cooperation (JIBC). “JIBC masuk kita coba lihat kemungkinan-kemungkinan masuknya, siapa tahu dengan adanya penyandang dana, tadinya G to G jadi B to B, wah senang sekali,” kata Zulfikri.

Previous articleMeski Belum Maksimal, Jumlah Pelapor Pajak Meningkat
Next articleMarak Modus Skimming, Polres Jombang Siaga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here