Wujudkan PNS Kelas Dunia, Pemerintah Gandeng Korea Selatan

Menteri PANRB Asman Abnur, dan Minister of Personnel Management Korea Selatan Kim Pan Suk saksikan Penandatanganan MoU

Jakarta, PONTAS.ID – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menjalin kerjasama dengan Ministry of Personnel Management Korea Selatan.

Kerjasama ini meliputi sistem pemerintahan berbasis elektronik atau e-Government, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Penerapan Nota Kesepahaman ini dapat mendukung instansi pemerintah di Indonesia dalam meningkatkan kapasitas SDM aparatur sebagai titik kunci dalam mencapai tujuan transformasi pemerintahan berkelas dunia tahun 2024,” kata Menteri PANRB Asman Abnur usai penandatanganan Nota Kesepahaman, di Jakarta dalam siaran persnya yang diterima PONTAS.id Jumat (23/3/2018).

Menurut Asman, dengan adanya pertemuan ini kedua negara mendapatkan pelajaran berharga dari inovasi kebijakan pengelolaan SDM aparatur untuk kemajuan di negara masing-masing.

“Saya yakin bahwa sharing knowledge pada hari ini untuk menghadapi tantangan era industri baru 4.0 yang memerlukan pembelajaran dan tindakan yang kolaboratif dan kreatif,” kata dia.

Sebagai informasi, kesepahaman antara Kementerian PANRB dengan Kementerian Manajemen Personel Korea memuat tiga hal penting yakni perencanaan dan inovasi administrasi publik dalam pengelolaan SDM, mulai dari rekrutmen pegawai, manajemen karier dan kompetensi, manajemen kinerja, hingga sistem kompensasi dan sistem pensiun.

Kemudian untuk peningkatan kualitas kebijakan tentang human capital management, termasuk manajemen talenta nasional. Dan ke-3, peningkatan integritas dan disiplin SDM, khususnya dalam program pemberantasan korupsi.

Penandatanganan MoU itu disaksikan oleh Menteri PANRB Asman Abnur, dan Minister of Personnel Management Korea Selatan Kim Pan Suk.

Dalam acara tersebut, Menteri Asman juga didampingi oleh Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji, Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana Rini Widyantini, Staf Ahli Menteri bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah Shadiq Pasadigoe, serta Staf Ahli Menteri bidang Budaya Kerja Teguh Widjinarko.

Sementara itu, delegasi Korea Selatan didampingi oleh Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia, Kim Chang-Boem.

Editor: Hendrik JS

Previous articleMenag Harap Tak Ada Perbedaan Awal Ramadhan
Next articleTNI Bakal Gelar Operasi Kemanusiaan di Sorong Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here