Menhub Janji Optimalkan Persiapan Mudi Lebaran

Budi Karya Menteri Perhubungan, (Foto:Ist)

Jakarta, PONTAS.ID – Menteri Perhubungan ( Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan pihaknya berjanji mempersiapkan angkutan mudik Lebaran dengan baik.

Secara informal, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun tekah berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), kepolisian, dan para pemangku kepentingan lainnya.

“Ada beberapa konsep yang akan kami lakukan di mudik Lebaran kali ini, kami tahu kalau misalnya bicara mengenai yang paling favorit itu menggunakan darat, kereta api, dan udara,” kata Budi, Senin (19/3/2018).

Terkait transportasi udara, Budi menyebut pihaknya akan mengoperasikan bandara-bandara kecil yang ada di berbagai pulau di Tanah Air selama 24 jam pada periode mudik. Dengan demikian, rotasi pesawat yang kembali ke Jakarta dapat lebih leluasa dan produktif.

Selain itu, Kemenhub juga meminta maskapai-maskapai yang memiliki pesawat berbadan lebar (wide body) dapat mengoperasikannya ke rute-rute besar seperti Surabaya, Bali, Medan, dan Makassar. Dengan demikian, pengangkutan penumpang bisa lebih efisien dan tertangani dengan baik.
Selain itu, kapasitas pengangkutan penumpang dengan kereta api juga akan ditambah sekira 4-5 persen. Namun demikian, penumpang kereta api biasanya akan membludak, sehingga optimalisasi harus dilakukan dengan moda transportasi darat dan laut.

Budi menuturkan, pihaknya juga akan memperbaiki pelayanan mudik Lebaran dengan moda transportasi laut. Sebanyak 20 kapal perintis akan dioperasikan dari Jakarta ke Semarang sebagai moda transportasi mudik gratis.

“Jadi untuk mudik gratis kurang lebih di laut 20.000 sampai 30.000, motor ada 5.000 dan di darat dengan bus jumlah bisa 10.000 sampai 20.000. PT KAI jatah untuk (mudik) motor gratis sudah habis, tapi kemarin kita tambah lagi 5.000, jadi kiranya menjadi 20.000,” jelas Budi.

Budi menyebut, persiapan yang sangat matang khususnya harus dilakukan terkait arus mudik dari Jabodetabek ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Adapun untuk tujuan lainnya dipandang relatif baik.

Previous articlePertahankan Gelar All England, Jokowi Ucapkan Selamat Kepada Kevin/Marcus
Next articleCitilink Bakal Tambah Rute Regional dan Internasional

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here