Djarot Ikuti Saran Ahok Maju Pilkada Sumut

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat

Jakarta, PONTAS.ID -Djarot Saiful Hidayat mengaku telah berdiskusi dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk maju pada Pilkada Sumatera Utara (Sumut) mendatang. Pasalnya, banyak pihak yang mendesak Djarot untuk maju dalam Pilgub Sumut.
Ahok, kata Djarot menyarankan maju di Pilkada Sumut, daripada di daerah lain, seperti di Nusa Tenggara Timur, hingga Kalimantan Timur.
“Dia (Ahok) sampaikan bahwa sebaiknya pilih Sumut. Jadi saya pilih di Sumut saja,” kata Djarot di Kantor DPP PDI-Perjuangan, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat (3/1/2018).

Usulan Ahok ini kata Djarot, karena Ahok pernah mencoba maju di Pilkada Sumut namun tidak memenuhi syarat dan akhirnya gagal.
“Ternyata Pak Ahok kan pernah nyalon di Sumut. Tapi melalui lewat jalur independen ngumpulin KTP. Tapi enggak mencukupi sehingga enggak jadi. Akhirnya mencalonkan sebagai anggota DPR RI, lalu ke Jakarta,” kata dia.

Alasan Ahok lainnya menyarankan dirinya maju di Pilkada Sumut, kata Djarot, karena letak Sumut yang strategis menyongsong pasar bebas atau Asean Free Trade Area (AFTA). “Untuk masuk juga dalam masyarakat ekonomi ASEAN. Jadi kita klop, kami diskusi,” ujarnya.

Dalam kunjungannya ke Sumatera Utara beberapa waktu lalu, Djarot juga mengaku telah mempelajari budaya masyarakat setempat. Di mana, kultur masyarakat Sumut tak jauh berbeda dengan Jawa Timur, “Kultur ya saya sudah ke sana. Teman saya juga banyak dari sana. Sumut itu kulturnya hampir sama dengan Jatim, eksplosif, terbuka,” tutur Djarot.

Alasan ini membuat Djarot optimistis tidak kesulitan jika diputuskan PDIP maju di Pilkada Sumut.
“Ingat loh ya, saya wali kota Blitar tapi saya bukan orang Blitar, beda loh. Kulturnya Blitar itu lebih ke arah Jawa ya Matraman. Kalau Jatim seperti Surabaya, Sidoarjo, Gresik, dan seterusnya itu kulturnya arek. Beda, Malang itu kulturnya arek,” terangnya.

Djarot pun menambahkan, rencananya pengumuman pasangan calon yang akan diusung di Pilkada Sumut kemungkinan akan diumumkan di DPP PDIP bersamaan dengan pasangan calon untuk Pilkada Jawa Tengah, Lampung dan Papua.
“Kemungkinan besok. Tapi yang sudah pasti itu, tadi yang saya sebutkan, mangkanya tunggu keputusan besok,” kata Djarot.
Editor: Hendrik JS

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here