Pulang Bersama Habibie, Politikus Ini Apresiasi Keteladanan Jokowi

Jakarta, PONTAS.ID – Politikus Partai Golkar Firman Soebagyo mengapresiasi niatan Presiden Jokowi yang mengantarkan pulang Presiden ke-3 RI BJ Habibie usai menghadiri Rakornas PDIP pada Sabtu (16/12/2017) kemarin.

Menurut Firman, sudah sepatutnya bagi siapapun anak bangsa ini dapat meniru sosok Jokowi menyempatkan mengantar pulang BJ Habibie meski sudah memiliki jadwal padat.

“Saya merasa bangga dan memberikan apresiasi tinggi kepada Presiden Jokowi mau meluangkan waktunya mengantar pak Habibie ditengah jadwal pada kesibukan mereka,” kata Firman melalui pesan singkat, Minggu (17/12/2017).

Kejadian ini, kata Firman seharusnya bisa menjadi budaya dan dapat ditiru oleh pejabat-pejabat lain seperti Gubernur, bupati maupun walikota agar menaruh simpati dan perhatian kepada para pendahulunya agar bisa memiliki sikap dan rasa toleransi sebagai cerminan bagi bangsa ini.

“Apa yang dilakukan Presiden Jokowi kepada para pendahulunya adalah satu langkah bijak karena beliau sangat memahami totokromi dan budaya sebagai orang jawa dan sekali lagi saya salut dan memberikan apresiasi dan penghargaan dan rasa bangga dengan kepemimpinan presiden Jokowi,” kata Firman menegaskan.

Sebelumnya, momen keakraban antara Presiden Joko Widodo dan Presiden ke-3 BJ Habibie terlihat usai acara Rakornas 3 Pilar PDIP. Jokowi memberikan Habibie tumpangan mobil dan mengantarkan sampai ke rumah.

Informasi itu disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, setelah menghadiri acara Rapat Koordinasi Nasional Tiga Pilar Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Tangerang, Banten, Sabtu (16/12). Jokowi yang menggunakan mobil kepresidenan berpelat RI 1 seharusnya langsung menuju Bandar Udara Halim Perdanakusuma di Jakarta untuk bertolak ke Yogyakarta. Namun, Jokowi mengajak Habibie masuk ke dalam mobil tersebut.

“Di luar jadwal yang telah ditetapkan, Presiden Jokowi mengajak Presiden RI ke-3 BJ Habibie yang kebetulan hadir dalam acara tersebut untuk memasuki kendaraan RI-1,” kata Bey, Sabtu (16/12/2017).

Bey mengatakan, informasi dari Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono mengatakan Habibie akan turut ke Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma untuk mengantar Jokowi dan berpisah di lokasi itu. Namun dalam perjalanan, Presiden Jokowi memutuskan mengantar Habibie ke kediamannya di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan.

“Berangkat dari ICE BSD pada pukul 12.15 WIB, keduanya tiba di kediaman Habibie pada pukul 12.55 WIB, Presiden Jokowi yang duduk di sebelah kiri membuka pintunya terlebih dahulu untuk kemudian menunggu Habibie keluar dari pintu sebelah kanan,” jelas Bey.

Usai berpamitan, lanjut Bey, Presiden Jokowi melanjutkan perjalanannya ke Bandar Udara Halim Perdanakusuma, untuk bertolak ke Yogyakarta dalam rangka kunjungan kerja.

Belum diketahui apa saja yang dibicarakan Jokowi dan Habibie selama perjalanan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here