Fahri Minta Umat Islam Tidak Terprovokasi Penolakan Ustadz Abdul Somad di Bali

Jakarta, PONTAS.ID – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah meminta kepada seluruh umat Islam agar tidak terpancing dengan aksi penolak sejumlah massa di Bali menolak kedatangan ustadz Abdul Somad.

Fahri pun tidak yakin, warga Bali secara umum menolak kedatangan ustadz kondang yang sering disingkat UAS itu.

“Kultur Bali adalah majemuk dan mereka terbiasa menerima tamu sejak dulu. Ini pasti ada yang memprovokasi,” kata Fahri dalam keterangan pers, Minggu (10/12/2017).

Fahri mengingatkan kejadian serupa yang pernah dialaminya di Manado, Sulawesi Utara beberapa waktu lalu. Saat itu sekelompok ormas mendemo dan menghadangnya masuk kota bahkan ormas tersebut melakukan sweeping hingga masuk ke apron Bandara. Padahal dia datang atas undangan resmi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey yang juga merupakan sahabat lamanya.

“Sama, waktu itu juga ada yang provokasi,” kata Fahri sambil menjelaskan bahwa dirinya juga punya darah keturunan Karangasem, Bali.

Dalam dunia overconected di mana masyarakat terhubung satu sama lain tanpa batas akibat revolusi industri telekomunikasi, mengharuskan negara untuk mengambil ruang mengisi percakapan publik.

“Pemimpin hatus hadir dengan narasi kebangsaan yang melampaui percakapan publik, percakapan publik sebagai keniscayaan demokrasi harus nya bisa distrukturisasi oleh negara jika pemimpin memiliki narasi kebangsaan yang kuat. Tidak hadirnya pemimpin yang memiliki narasi yang kuat membuat percakapan publik mengarah ke chaos” ujar Fahri.

Sementara itu terkait maraknya ormas yang meminta para ulama untuk melakukan sumpah setia kepada NKRI, Fahri menanggapi, hal tersebut akibat absennya negara.

“Tidak ada hak ormas meminta para guru kita untuk menunjukkan kesetiaan pada NKRI, kesetiaan pada NKRI bukanlah sesuatu yang deklarator dan simbolik. Kesetiaan itu terkait keyakinan paling dalam dari seseorang. Umat Islam jangan diajarkan tentang cinta tanah air, karena darah syuhada telah memerahkan lautan dalam memperjuangkan kemerdekaan. Tidak boleh ada kelompok masyarakat yang mengambil peran negara untuk menjadi ideological dan represif state aparatus” lanjut Fahri.

Untuk itu Fahri menekankan, umat Islam sebagai umat pertengahan jangan ikut-ikutan terprovaksi. “Saya imbau umat Islam, juga Ustadz Abdul Shomad, agar tetap sabar. Tunjukkan bahwa kita tidak akan terpancing,” tutup Fahri.

Sekedar informasi, Kedatangan Ustadz Abdul Somad di Pulau Bali dalam rangka menjalani sejumlah safari dakwah mendapat penolakan oleh beberapa elemen ormas di Bali yang menamakan diri Komponen Rakyat Bali (KRB).

Kemarin, Jumat (08/12/2017), KRB mendesak agar Ustadz Somad diusir dari Bali. Mereka bahkan sampai merangsek masuk ke dalam Hotel Aston Denpasar tempat dimana Ustadz Somad berada.

Informasi dihimpun, massa juga mengkritik gaya ceramah Ustaz Somad yang dituding cenderung mengkafir-kafirkan agama lain.

Tak lama kemudian, setelah mediasi dan negosiasi yang cukup panjang dan alot, akhirnya Ustadz Somad diizinkan untuk menggelar safari dakwah di Bali.

Previous articleFahri: Golkar Sudah Tunjuk Calon Ketua DPR
Next articleSebagian Wilayah Jabodetabek Berpotensi Hujan dengan Petir dan Angin Kencang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here