Komisi I DPR Setujui Hadi Tjahjanto Jadi Panglima TNI

Jakarta, PONTAS.ID– Komisi I DPR memutuskan untuk menyetujui Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Hadi Tjahjanto menjadi Panglima TNI mengantikan Jenderal Gatot Nurmantyo.

Keputusan itu diambil setelah Komisi I DPR menggelar uji kelayakan dan kepatutan calon panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

“Setelah melaksanakan proses uji kepatutan dan kelayakan, Komisi I DPR memberikan persetujuan terhadap Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menjadi Panglima TNI,” kata Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari di ruang rapat Komisi I DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Proses uji kelayakan dan kepatutan dilakukan dalam tiga tahap, yakni seleksi administrasi, pemaparan visi dan misi, dan pendalaman. Materi yang ditanyakan kepada Hadi menyoal kepemimpinan, profesionalitas, dan integritas TNI.

Menurut Abdul Kharis, Marsekal Hadi sosok yang mumpuni dan memenuhi persyaratan sebagai Panglima TNI.

“Komisi I menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal Gatot Nurmantyo,” ujarnya.

Setelah persetujuan ini, Hadi Tjahjanto akan disetujui dalam sidang paripurna DPR. Namun agendanya belum diketahui pasti besok atau lusa. “Lebih cepat lebih baik,” ucap Kharis.

Sementara itu, Hadi tidak banyak bicara setelah uji kelayakan dan kepatutan. Dia hanya mengucap syukur atas proses di Komisi I DPR.

“Syukur alhamdulillah berkat doa teman-teman semua,” ujar Hadi seusai fit and proper test di gedung DPR, Senayan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here