Masyarakat Diingatkan untuk Waspada Cuaca Ekstrem

Yogyakarta, PONTAS.ID – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan saling menjaga terhadap dampak cuaca ekstrem.

Sebab, berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), puncak cuaca ekstrem akan berlangsung pada Desember ini.

“Menurut BMKG cuaca ekstrem itu akan masuk di bulan Desember. Kemarin November belum masuk puncaknya,” kata Khofifah di Posko Pengungsian Kebunagung Bantul, Sabtu (2/12/2017).

Dengan dukungan teknologi informasi yang ada bisa mengantisipasi sejak dini, siklon tropis seperti Cempaka dan Dahlia sudah diprediksi sejak awal oleh pemerintah.

Khofifah mengatakan, kalau siklon tropis Cempaka dan siklon tropis Dahlia itu sebetulnya ketika bersamaan dengan tiupan angin. Maka itu, bisa menimbulkan intensitas hujan yang sangat tinggi diikuti angin yang kencang.

“Bagian dari kemajuan TI kita yang sebetulnya sudah bisa mendeteksi ada siklon tropis Cempaka dan ada siklon tropis Dahlia. TI kita sudah bisa mendeteksi,” ujar Khofifah.

Khofifah kembali mengingatkan terhadap potensi bencana yang ada di Indonesia. Ia mengajak semua pihak saling mendukung dan mendoakan agar bencana tidak terjadi.

“Ada 323 kabupaten dan kota di Indonesia yang beresiko tinggi terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam,” kata dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here