Ziarah ke Ponpes Salafiyah Syafi’yah Gorontalo, Ini Pesan Fadel Muhammad

Gorontalo, PONTAS.ID – Dalam rangkaian kegiatan kunjungan kerjanya di beberapa wilayah di Provinsi Gorontalo, Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad menyempatkan diri melakukan kunjungan silaturahmi ke Ponpes Salafiyah Syafi’yah Gorontalo, Selasa (17/10/2023).

Kedatangan Pimpinan MPR dari Kelompok DPD RI Dapil Provinsi Gorontalo ini, disambut Pengasuh Ponpes, KH Abdullah Aniq Nawawi LC.MA.

Pesantren yang berada di Desa Banuroja Kecamatan Randangan, Kabupaten Pohuwato, Gorontalo yang didirikan pada tahun 1985 ini, sangat unik dan terkesan kebhinekaan yang tinggi. Sebab, letak bangunan Ponpes berada hanya berjarak 200 meter dari Gereja Protestan, 100 meter dari Gereja Pantekosta terdapat pura yang tinggi menjulang di tengah mayoritas umat Hindu.

“Pendiri ponpes ini Almagfurlah KH. Abdul Ghofir Nawawi, memiliki sikap toleransi yang sangat tinggi bahkan hingga sekarang menjadi teladan bagi penerusnya. Beliau mengajarkan tentang keutamaan saling menghormati perbedaan yang ada,” katanya.

Pendiri Ponpes, Almagfurlah KH. Abdul Ghofir Nawawi sendiri ternyata mendapat tempat di hati Wakil Ketua Dewan Penasehat ICMI ini.
“Saya teringat, betapa perhatiannya beliau kepada dunia pendidikan untuk umat. Kegigihan beliau tercermin dari perjuangannya dalam mendirikan lembaga pendidikan pondok pesantren Salafiyah Syafi’yah. Sebab, beliau dulu adalah santri juga dari Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur,” terangnya.

Lebih jauh, anggota DPD Dapil Provinsi Gorontalo ini mengungkapkan mengapa dirinya sangat perhatian dengan ponpes. Sebab, semasa ia menjabat Gubernur Gorontalo, masalah sumber daya manusia atau SDM menjadi perhatian utamanya.

Dikatakan Fadel, Ponpes adalah salah satu lembaga pendidikan yang menciptakan banyak SDM unggul yang sangat dibutuhkan untuk membangun Gorontalo. Itulah yang dia perhatikan dan jaga.
“Beliau sekarang sudah tiada. Walaupun saya ini tidak menjabat sebagai Gubernur lagi, tapi saya tetap menjaga sambung rasa dan tali silaturahmi dengan keturunan beliau yang sekarang mengurus Ponpes ini,” tandas mantan Gubernur Gorontalo dua periode ini.

Di sesi akhir kunjungan, Fadel Muhammad didampingi istri tercinta Hanna Hasanah Shahab dan Pengasuh Ponpes KH Abdullah Aniq Nawawi, melakukan ziarah ke makam Almagfurlah KH. Abdul Ghofir Nawawi, yang berada persis di samping kompleks Ponpes.

Previous articleMPR Dorong Perbanyak Pemberian Bantuan Hukum Kepada Masyarakat
Next articleKeadilan Bukan Hanya Perintah Konstitusi, Tetapi juga Perintah Agama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here