Cegah Stunting, Syarief Hasan Beri Bantuan Susu Ibu Hamil dan Makanan Tambahan Balita

Bogor Selatan, PONTAS.ID – Wakil Ketua MPR Syarief Hasan memberikan bantuan susu untuk ibu hamil dan makanan tambahan untuk balita kepada ibu-ibu di Muarasari, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Secara simbolis Syarief Hasan menyerahkan bantuan itu dalam kegiatan posyandu yang berlangsung di SMP BaktI Taruna I pada Jumat (1/9/2023).

“Ini bentuk kepedulian kita kepada ibu dan anak. Kita memberikan bantuan susu kepada ibu hamil dan makanan untuk balita karena kesehatan ibu dan anak sangat penting,” kata Syarief Hasan usai menyerahkan bantuan susu ibu hamil dan makanan untuk balita.

Salah satu alasan memberikan bantuan ini, menurut Syarief Hasan, karena pemberian susu dan makanan bergizi akan mempengaruhi kesehatan dan tumbuh kembang anak dalam kandungan hingga balita. Kekurangan gizi pada ibu hamil dan anak balita bisa menyebabkan stunting.

“Karena kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang balita membutuhkan asupan gizi yang baik. Kita tidak ingin pertumbuhan ketika masih dalam kandungan pada ibu hamil dan anak-anak balita mengalami kendala. Pemberian susu dan makanan ini diantaranya juga untuk mencegah terjadinya stunting,” kata Wakil Ketua MPR dari Fraksi Partai Demokrat ini.

Menurut WHO (World Health Organization) stunting adalah gangguan pertumbuhan akibat infeksi berulang dan kekurangan gizi kronis. Kondisi ini ditandai dengan panjang atau tinggi badan anak berada di bawah standar. Secara medis, stunting terjadi ketika tinggi badan anak berada di bawah kurva pertumbuhan yang seharusnya.

Ada sederet faktor yang bisa meningkatkan risiko stunting, yang paling sering adalah tidak terpenuhinya asupan gizi dalam jangka panjang. Pemkot Bogor sendiri mencatat ada 2.500 anak di Kota Bogor masih mengalami stunting atau gangguan pertumbuhan.

Kepada para ibu-ibu yang hadir dalam kegiatan posyandu ini, Syarief Hasan berpesan untuk menjaga kesehatan. “Jaga kesehatan ya ibu-ibu,” pinta¬†Syaref¬†Hasan.

Penulis: Herdi

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleBamsoet Dukung Kolaborasi Pemerintah Pusat dan Daerah dalam Perizinan Ruang Bawah Tanah dan Ruang Atas Tanah
Next articlePMK Di Kabupaten Pasuruan Teratasi, Dinas Peternakan Anggap Kasus Baru Tidak Muncul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here