MPR Dorong Pemda Miliki Branding Kuat untuk Tingkatkan Potensi Daerah

Pohuwato, PONTAS.ID – Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad mengungkapkan bahwa brand development for local government atau pengembangan branding untuk pemerintah daerah (Pemda) sudah merupakan tren besar dan menjadi pembicaraan hangat dalam berbagai ranah diskusi di tataran global.

Memunculkan branding merupakan salah satu strategi pemasaran suatu daerah, untuk membuat positioning
yang besar dan kuat di regional maupun secara global. Local government branding adalah identitas unik dari daerah yang berguna untuk memasarkan segala aktivitas dari wilayah tersebut terutama potensi produk, wisata dan budayanya.

“Branding menurut saya memang harus dan mutlak dimiliki daerah-daerah di Indonesia, untuk meningkatkan potensi daerahnya, yang dampaknya akan berimbas kepada bertambahnya pemasukan daerah serta ujungnya adalah terwujud kesejahteraan rakyat. Ini yang harus disadari para pemimpin daerah. Branding apa yang akan mereka upayakan muncul di daerahnya agar dikenal luas,” ujar Senator asal dapil Gorontalo ini, Selasa 7 Maret 2023.

Jika satu branding sudah melekat kuat, lanjut Fadel Muhammad, apalagi dibarengi dengan produk yang memang sangat berkualitas akan sangat mudah satu daerah memasarkan produknya.

“Jika orang ingin mobil mewah berkualitas akan teringat brand BMW atau Mercedes. Jika ingin smartphone bagus, yang diingat pasti brand iPhone, Samsung. Semua ingatan akan kualitas produk-produk iri melekat sangat kuat. Nah, saya ingin Kabupaten Pohuwato memiliki satu brand yang melekat kuat,” terang mantan Gubernur Gorontalo dua periode ini.

Menurut Fadel Muhammad, Kabupaten Pohuwato memiliki beberapa potensi produk yang bisa dijadikan branding. Salah satunya di bidang pangan seperti jagung dan produk pertanian lainnya.

“Saya berharap Pohuwato sebagai lumbung pangan provinsi Gorontalo, yang menunjang lumbung pangan regional dan nasional. Saya rasa ini yang harus dijadikan simbol, tren dan branding Pohuwato di masa depan,” tegasnya.

Penulis: Herdi

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleMPR Ingatkan Pemanfaatan SDA Harus Dilandasi Semangat Nasionalisme dan Wawasan Kebangsaan
Next articleMPR Ajak Pesantren Alumni Gontor untuk Lanjutkan Berkontribusi Membela Umat, Bangsa dan Negara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here