Musnahkan Barang Bukti, Polres Pasuruan Gelar Press Release Akhir Tahun 2022

Pasuruan, PONTAS.ID – Polres Pasuruan Polda Jatim menggelar kegiatan Press Release Capaian kinerja akhir tahun yang dilaksanakan pada hari ini Jum’at (30/12/2022) di halaman Mapolres Pasuruan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Pasuruan AKBP Bayu Pratama Gubunagi, dan dihadiri puluhan awak media PWI dan Media Online yang ada di wilayah Polres Pasuruan.
Kapolres Pasuruan menyampaikan yang pertama terkait Kasus Satlantas dalam kurun waktu 1 tahun terakhir telah terjadi 977 kasus lakalantas, dan 892 kasus dalam tahap penyelesasian, jumlah korban laka lantas sebanyak 1.459 orang. Sedangkan untuk penindakan pelanggaran lalu lintas sebanyak 14.353 kasus, barang bukti yang didapat adalah Knalpot brong sebanyak 123 buah.
Tingginya insiden kecelakaan di jalan raya disebabkan karena mobilitas masyarakat yang meningkat. Kendaraan yang terlibat kecelakaan yang masuk data register berjumlah sampai 1.617, dan 1.141 terdiri dari kendaraan roda dua, sisanya roda empat maupun mobil barang.“, ungkap Kapolres.
Disampaikan juga oleh Kapolres Pasuruan tentang pengungkapan kasus Narkoba di wilayah Kabupaten Pasuruan dengan Jumlah ungkap kasus (CT) sebanyak 226 kasus,  terdiri dari 203 tahap II dan 23 SP (Restorative Justice). Untuk jumlah tersangka Satresnarkoba telah menangkap sebanyak 275 orang, 9 diantaranya merupakan perempuan. Adapun barang bukti yang di amankan antara lain, Ganja 16 gram, Sabu 1.129 gram, Pil Ekstasi 313 butir, Obat Keras 719.218 butir, Miras 1.303 botol.
Dalam hasil Ungkap Kasus dan Cipta Kondisi menjelang Natal tahun 2022 dan Tahun Baru 2023, Satresnarkoba Polres Pasuruan berhasil mengungkap 11 kasus dan 11 tersangka”, lanjut Kapolres.
Sedangkan untuk Satreskrim telah berhasil mengungkap kejahatan di berbagai wilayah hukum Polres Pasuruan sebanyak 824 kasus, dengan jumlah kasus yang telah diselesaikan sebanyak 642 kasus, dan jumlah tersangka berjumlah 96 orang.
Adapun barang bukti yang berhasil diamankan yakni, 30 HP berbagai merk, 13 unit sepeda motor berbagai merk, 4 unit mobil berbagai merk, 7 buah STNK dan 1 lembar fotokopi STNK, 5 buah BPKB dan 1 lembar fotokopi BPKB, Uang tunai senilai Rp. 64.860.000, 1 buah senpi rakitan dan 6 butir amunisi tajam aktif, 1 bilah celurit dan sarungnya, 1 renteng petasan dan berbagai macam bahan pembuat petasan, 3 buah pedang beserta sarungnya, 4 buah bondet, berbagai barang elektronik dan sejumlah pakaian.”,tutup Kapolres.
Kegiatan diakhiri dengan pemusnahan Barang Bukti Narkotika, Miras, dan Knalpot Brong yang digilas menggunakan Bulldozer sampai rata.
Ketua MUI Kabupaten Pasuruan Haji Nurul Huda memberikan Apresiasi kepada Polres Pasuruan yang telah berhasil mengungkap dan menangkap para pelaku penyalah gunaan Narkoba dan Miras.
Saya ucapkan terima kasih kepada Kapolres Pasuruan beserta jajarannya yang telah sukses besar menangkap pelaku tindak pidana khususnya penyalahgunaan Narkoba, Saya harap kedepan polres pasuruan jangan sampai puas di sini karena tantangan di lapangan semakin besar dan semoga Allah selalu melindungi kinerja polres Pasuruan dalam memberikan pelayanan dan perlindungan untuk menciptakan Kamtibmas secara profesional, sehingga masyarakat merasa terlindungi,” Ucapnya.
Penulis: Abdullah
Editor: Fajar Virgyawan Cahya
Previous article6 Pencapaian Kinerja Kejaksaan Negeri Padang Sidempuan tahun 2022
Next articleJokowi Resmi Mencabut PPKM di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here