Tingkatkan Pelayanan Sosial, Pemkab Indramayu Sosialisasi SLRT

Indramayu, PONTAS.ID – Dinas Sosial Kabupaten Indramayu menggelar acara sosialisasi tentang  Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu  (SLRT) tahun 2022 di aula PCNU Indramayu, Kamis (17/11/2022). Sistem ini, bertujuan memberikan pelayanan yang terbaik terhadap kebutuhan masyarakat baik itu sektor kesehatan, pendidikan, sosial dan lain-lain,

“Sistem ini diharapkan bisa mewujudkan sinergitas antara pemangku kebijakan agar terjalin harmonisasi khususnya dalam hal pelayanan kesejahteraan sosial masyarakat,” kata Kepala Dinsos Indramayu, Sri Wulan Ningsih.

“Yang diundang adalah mereka yang tergabung dalam tim kerja dinas bantuan pangan kabupaten Indramayu yang mana penanggungjawabnya Bupati dan Sekda beranggotakan Polres, Kodim, Kejaksaan, dan beberapa SKPD terkait,” paparnya

Sri Mulyani menambahkan tingkatan pelayanan itu akan menyeluruh dari kecamatan hingga ke Balai Desa.

“Camat sebagai koordinator di tingkat kecamatan untuk bansos pangan. Ke depan bukan hanya ingin mengetahui data yang riil saja tetapi pelayanan terhadap masyarskat di desa akan lebih baik karena sudah terbangun dalam pusat kesejahteraan sosial. Seluruh unsur melakukan pelayanan sosial ini bisa bekerja secara simultan dan terintegrasi,” lanjutnya.

Sedangkan staf ahli Pemerintahan Hukum dan Politik, Sugeng Riyanto, saat menyampaikan sambutan Bupati, “Puskesos SLRT merupakan sistem layanan yang membantu kebutuhan masyarakat miskin,” kata dia.

Selain itu untuk menghubungkan mereka dengan program-program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan yang diselenggarakan oleh pemerintah, baik pusat, provinsi, kabupaten atau kota,” katanya.

Sugeng juga melanjutkan program sosial juga akan diberikan landasan hukum agar tidak terjadi pungli dalam pelaksanaan program tersebut dilapangan dan hal ini bertujuan agar sistim pelayanan dapat dilakukan secara tepat, cepat dan terintegrasi

“SLRT juga membantu mengindentifikasi kebutuhan masyarakat miskin untuk melakukan rujukkan dan pemantauan kebutuhan tersebut bisa diantisipasi dan dilayani dengan baik secara terintegrasi” tambahnya.

Kegiatan ini turut dihadiri, Polres Indramayu Kodim 0616 Indramayu serta narasumber dari Kementerian Sosial, Rinto Indratmoko, Dinas Dosial Provinsi Jawa Barat, Elus Kartini, Perwakilan Kejaksaan Negeri, para camat dan perwakilan kesra desa.

Penulis: Cartono
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleDilantik Jadi Ketum LASQI, Gus Jazil Bertekad Gairahkan Kesenian Islami
Next articleBamsoet Dorong Pembentukan Pengurus IMI Kabupaten/Kota

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here