Dilantik Jadi Ketum LASQI, Gus Jazil Bertekad Gairahkan Kesenian Islami

Karawang, PONTAS.ID – Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid, resmi dilantik sebagai ketua umum (ketum) Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia ((DPP LASQI) Periode 2022-2027 berdasarkan keputusan Musyawarah Nasional (Munas) V LASQI pada 13 Agustus 2022.

Gus Jazil dilantik sebagai ketum DPP LASQI bersamaan dengan pelantikan jajaran Pengurus DPP yang berjumlah lebih dari 100 orang di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu  (16/11/2022).

Gus Jazil yang juga Ketua Ikatan Alumni Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (IKAPTIQ) Jakarta ini berharap jajaran pengurus DPP yang baru saja dilantik ke depan bisa bekerja secara baik untuk menjadikan LASQI sebagai organisasi yang lebih profesional, bermartabat, transparan dan juga dirasakan manfaatnya untuk pembinaan seni budaya Islam, utamanya kesenian qasidah.

”Kepada seluruh pengurus agar bisa menata LASQI menjadi lebih baik. Para ketua-ketua DPW, DPD mari kita bersama-sama menata LASQI menjadi organisasi yang berwibawa  dan bermanfaat untuk persatuan umat. Ini pelantikan dilakukan di Karawang, tanah Syech Quro yang memiliki inspirasi sebagai penyebar Islam,” katanya.

Menurut Gus Jazil, kesenian Islam di Indonesia memiliki potensi yang luar biasa besar. Sayangnya, selama ini pola pembinaannya dinilai masih kurang maksimal. ”Karena itu, LASQI harus melaksanakan pembinaan dan tentu kami harus berkolaborasi dengan pemerintah, pihak swasta dan lain-lain karena potensi dan harapan masyarakat sangat besar untuk berkembangnya seni budaya Islam di Indonesia,” tuturnya.

Usai pelantikan, DPP LASQI langsung menggelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) untuk menata organisasi, sekaligus menyiapkan program-program nasional kedepan yang lebih baik. ”Yang jelas LASQI yang kami pimpin berdasarkan Munas ke-V ini adalah LASQI yang betul-betul legal dan mendapatkan aspirasi dari seluruh provisi, cabang di seluruh Indonesia. Ini LASQI yang hidup, legal dan diterima,” katanya.

Pada kesempatan itu, LASQI juga melakukan pemilihan duta-duta qasidah tingkat nasional yang ke-26. ”Ini artinya LASQI sudah melakukan seleksi pemilihan duta-duta qasidah setiap tahun secara nasional dalam rangka membina generasi muda, utamanya yang memiliki bakat terhadap seni, budaya Islami, khususnya qasidah ada beberapa cabang seperti qasidah klasik, pop religi, bintang vokalis, gambus anak dan remaja, serta sejumlah cabang kesenian Islami lainnya.

”Ini semua bagian dari upaya melestarikan sekaligus melanjutkan kesenian atau seni budaya yang dimiliki oleh umat Islam. Indonesia yang mayoritas Islam, kesenian yang harus tampil adalah seni-seni yang bernafaskan Islam seperti qasidah,” urainya.

Pemilihan Duta-Duta Qasidah Indonesia itu juga dihadiri hampir seribu orang dari sekitar 25 DPW LASQI se-Indonesia. Antara lain DPW Jawa Barat 55 orang, Banten 67 orang, Sulteng 16 orang, Kalteng 55 orang, Sultra 50 orang Jawa Tengah 25 orang, Maluku 45 orang, DKI Jakarta 20 orang, dan Lampung 50 orang.

Selanjutnya, DPW Riau 6 orang, NTB 50 orang, Jawa Timur 15 orang, Kalimantan Utara 15 orang, Sumatera Utara 50 orang, NTT 6 orang, Gorontalo 10 orang, Kepri 11 orang, Sulawesi Barat 10 orang, Sumatera Barat 20 orang, Papua Barat 10 orang, Kalimantan Timur 15 orang, Kalimantan Barat 10 orang, Kalimantan Selatan 10 orang, Bengkulu 6 orang, dan DPW Aceh 10 orang.

Ketua Panitia Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus DPP LASQI, Rakernas, serta Pemilihan Duta- Duta Qasidah tingkat Nasional XXVI H. Endang Sodikin, S.Pd.I,. SH,. MH, mengapresiasi upaya para Pengurus DPW LASQI se-Indonesia yang telah mengirimkan peserta dan official ke Karawang. “Luar biasa, mereka ini membiayai sendiri kegiatan ini dengan sukarela datang ke Jawa Barat. Ada dua provinsi yang tidak sempat hadir karena hal teknis yakni Kalbar dan Riau,” kata Endang yang juga Wasekjen Bidang Organisasi DPP LASQI.

Dalam jajaran kepengurusan inti, selaku ketua harian adalah Habib Ismail bin Yahya Sekretaris Jenderal H. Inu Aminuddin, dan bendahara umum H Cucun Ahmad Syamsurijal M.AP. Sementara, Wakil Presiden Prof Dr KH Ma’ruf Amin sebagai Pembina Utama DPP LASQI.

Pelantikan DPP LASQI dilakukan oleh Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama Dr.  H. Tarmizi Tohor, mewakili Wakil Presiden Prof Dr KH Ma’ruf Amin yang berhalangan hadir.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleUrgensi Jalan Tengah Perdamaian Dunia
Next articleTingkatkan Pelayanan Sosial, Pemkab Indramayu Sosialisasi SLRT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here