Wujudkan Indonesia Lumbung Dunia, Induk KUD Gandeng Scash Global

Jakarta, PONTAS.ID – Besarnya hasil alam pertanian dan perikanan di Indonesia mengundang minat perusahaan asing untuk mengolah dan memberdayakannya. Induk Koperasi Unit Desa (KUD) sepakat bekerjasama dengan Scash Global PTE Ltd dalam rangka membangun salah satu platform E-Marketplace terbesar di Indonesia dengan penekanan pada Program Asisten Tani, perdagangan Pertanian, dan Dompet Digital Induk KUD.

“Pertama-tama, atas nama Induk KUD, saya dengan tulus menyambut semua tamu terhormat yang telah datang ke Induk KUD untuk berpartisipasi dan menyaksikan acara penandatanganan rencana kerjasama SCash dan Induk KUD,” ujar Direktur Utama, Portasius Nggedi saat membuka acara kerjasama pada Kamis (10/11/2022).

Menurutnya, Kerjasama antara kedua belah pihak memiliki arti yang besar dan tujuan yang luhur. Apalagi, kini Pemerintah Indonesia berencana menjadikan Indonesia sebagai “lumbung” dunia, dengan harapan tidak hanya memelihara dirinya sendiri, tetapi juga memelihara dunia.

“Belajar dari pengalaman pembangunan Brasil, pemerintah Indonesia mulai mendorong investor asing dan domestik untuk bersama-sama mengembangkan desa pertanian dan perikanan yang subur dan luas, dengan harapan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi pangan utama di dunia,” ucapnya

Sebab itu, di masa depan, Indonesia diharapkan menjadi produsen beras, jagung, gula, kopi, kelapa sawit, produk perikanan yang terbesar di dunia. Indonesia tidak hanya dapat mencapai swasembada pangan, tetapi juga dapat mengekspor pangan ke dunia, pada saat yang sama, dapat mempromosikan daerah pedesaan dan daerah perikanan terpencil di Indonesia berada di jalur cepat untuk mengembangkan pertanian dan perikanan skala besar.

“Kami (Induk KUD) telah mempersiapkan diri sejak 2018 untuk ikut menjadikan Indonesia sebagai salah satu “lumbung dunia” di masa depan, dan sekaligus menjalankan rencana modernisasi koperasi pedesaan Induk KUD,” ucapnya

Meskipun proyek lumbung Induk KUD telah terkena dampak serius epidemic Covid-19 dalam dua tahun terakhir, dengan kegigihan dan upaya seluruh pengurus dan pengawas, dan tim relawan internasional kantor perwakilan luar negeri, telah mengatasi banyak kesulitan dan hambatan.

“Terlebih dengan dukungan dan kerjasama dari SCash Global Pte. Ltd, rencana lumbung ini akhirnya akan resmi diluncurkan pada Januari 2023,” jelas CeO KUD itu

Dirinya menambahkan, Indonesia memiliki sumber daya alam dan lahan yang sangat kaya, dan China memiliki dana yang melimpah, teknologi produksi dan pemrosesan yang maju, serta permintaan pasar yang besar. Di bawah kerangka sumber daya yang saling melengkapi dan saling menguntungkan antara Indonesia dan China, Induk KUD akan bekerja sama dengan SCash untuk merencanakan dan merumuskan rencana pembangunan yang lengkap dan layak serta dukungan teknis untuk pengembangan masa depan 13,4 juta anggota keluarga Induk KUD di Indonesia.

“Saat ini, pasokan pangan China masih belum mencukupi, dan sejumlah besar pangan diimpor dari dunia setiap tahun. Ke depannya, Scash akan membantu Induk KUD untuk memproduksi pangan di Indonesia yang China harus impor setiap tahun dan mengekspornya ke China. Selain untuk memenuhi permintaan pasar China, sekaligus akan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani dan nelayan Indonesia,” tandasnya

Pada kesempatan ini, CEO Scash Global Michael Lee mengungkapkan maksud dan tujuannya ikut berpartisipasi dalam menggairahkan sektor pertanian di Indonesia. Pertama, agar SCash Global sebagai Mitra Pilihan Prioritas Induk KUD untuk membangun salah satu platform E-Marketplace terbesar di Indonesia dengan penekanan pada Program Asisten Tani dan perdagangan Pertanian, Dompet Digital Induk KUD.

“Diharapkan dapat menambah peluang kerja di pedesaan terpencil dan peningkatan lapangan kerja serta meningkatkan taraf hidup petani dan nelayan,” sebutnya

Scash Global perusahaan Software as a Service (SaaS) inovasi teknologi yang fokus membantu para merchant untuk menghasilkan pendapatan dengan menghemat biaya sambil memberikan edukasi Manajemen Pengalaman Pedagang (MEM), Sistem Loyalitas & Keanggotaan.

“Kami percaya bahwa transformasi digital bukan hanya peningkatan teknologi, tetapi harus diterjemahkan ke dalam Aplikasi, Konversi Pendapatan, dan Transformasi kesejahteraan individu” terang Michael Lee

Sebagai informasi, INDUK KUD adalah organisasi perusahaan terbesar dibidang agrikultur dan perikanan di Indonesia, dimana memiliki 13 juta anggota (rumah tangga) dibawah di 31 koperasi provinsi (Pusat KUD), 9437 koperasi kecamatan (KUD), dan kantor pusat Induk KUD di ibukota Jakarta Indonesia, seluruh anggota Induk KUD telah menanam dan mengelola lebih dari 5 juta hektar lahan pertanian. Dimana 60 juta penduduk, sekitar ¼ dari total populasi Negara, dan secara langsung maupun tak langsung terhubung dengan organisasi ini, dimana berfungsi untuk menjaga kesejahteraan mereka. Organisasi ini berhubungan sumber agrikultur, pertanian, perikanan, pertambangan, tanah, dan tenaga kerja yang sangat besar sekali.

Sasaran Induk KUD adalah meningkatkan kesejahteraan anggotanya melalui usaha kerjasama atas pertukaran bisnis, baik local maupun internasional.

Sementara SCash Global Pte. Ltd. adalah perusahaan teknologi yang didirikan pada 2019. Di tahun 2019, SCash Global telah ditunjuk oleh Alibaba Cloud dan Alipay untuk menjadi Solusi Pemasok Terintegrasi (ISV) pilihan di kawasan Asia Tenggara.

SCash Global memberdayakan pedagang dengan komputasi Edge terdepan di pasar, komputasi Cloud, dan menyediakan Data LIVE, berdasarkan portofolio IP Centralized Command Center (CCC), Loyalty & Membership System, Integrated Platform as a Service (iPaaS), Merchants Application dan Solusi Program Mini. SCash Global terus menerapkan solusi pedagang berwawasan ke depan untuk lebih melibatkan konsumen.

Penulis: Rahmat Mauliady
Editor: Fajar Virgyawan Cahya

 

Previous articleMPR Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Sulsel Terus Meningkat Pasca Pandemi Covid-19
Next articleFestival Konstitusi dan Antikorupsi Digelar, MPR: Memberi Pemahaman Pentingnya Sadar Bekonstitusi dan Sikap Antikorupsi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here