Baayun Maulid Meriah di CBS Ratu Zalecha Martapura

Advertorial

Kabupaten Banjar, PONTAS.ID- TP PKK Kabupaten Banjar bekerjasama dengan GOW dan Disbudporapar Banjar menggelar Tradisi Budaya Banjar Baayun Maulid, di Lapangan Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura, Rabu (26/10/2022) pagi.

Baayun maulid ini bertujuan untuk melestarikan budaya daerah Banjar agar tetap bertahan, dikenal masyarakat dan terus berkembang.

Selain itu juga untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai pengingat kebesaran dan keteladanan nabi serta mewujudkan Misi Bupati Maju, Mandiri dan Agamis.

Baayun Maulid dibuka resmi oleh Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor. Gubernur yang kerap disapa Paman Birin.

Paman Birin mengatakan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kehidupan di Kalimantan Selatan bertambah agamis, berkah serta memantapkan kecintaan umat kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW.

“Banua kita bukan hanya memerlukan dibangun dengan pembangunan fisik seperti jalan, jembatan, rumah sakit dan lain-lain, tetapi juga mental spriritual. Pembangunan mental spritual khususnya pemahaman ajaran agama sebagaimana diajarkan Nabi Muhammad SAW lebih kita utamakan,” ucapnya.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur diwakili Sekda Banjar HM Hilman sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan baayun maulid ini. Menurutnya, baayun maulid pada bulan Rabiul Awal ini merupakan salah satu tradisi budaya yang harus dilestarikan bersama.

“Ini merupakan salah satu tradisi Kalimantan Selatan yang sarat makna baik itu makna religius, sosial, budaya dan sebagainya,” ucap Hilman.

Ditambahkan, masyarakat Banjar percaya bahwa baayun maulid merupakan salah satu cara untuk mendapatkan keberkahan hidup, berkah dari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

“Masyarakat banjar umumnya berharap bayi dan anak yang lahir harus baayun, selain melaksanakan tradisi adat Banjar mereka berharap dan berdoa semoga kehidupan putera-puterinya sukses, panjang umur, murah rezeki dan mendapat barokah dari Allah SWT,” ungkapnya.

Peserta baayun maulid diikuti dari perwakilan SKPD, Forkopimda dan Perusda sebanyak 31 orang, perwakilan PAUD/TK 31 orang dan masyarakat 36 orang dengan jumlah total 98 orang.

Penulis: Muhammad Amin

Editor: Yos Casa Nova F

Previous articleRangkaian Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2022 Resmi Ditutup
Next articleKurangi Kesenjangan Kompetensi, Badan Kepegawaian Asahan Bimtek Seluruh Kasubbag Umum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here