Forum Jurnalis Banjar Terbentuk, Dikukuhkan Langsung oleh Bupati Banjar H Saidi Mansyur

Advertorial

Kabupaten Banjar, PONTAS,ID- Forum Jurnalis Banjar (FJB) resmi terbentuk dengan dikukuhkan secara resmi oleh Bupati Banjar H Saidi Mansyur di Aula Mini Barakat, Kantor Bupati Banjar Jl A Yani, Martapura, Kamis (22/9/2022).

Pengukuhan disaksikan Kapolres Banjar AKBP Doni Hadi, Dandim 1006 Banjar Letkol Inf Imam Muhtarom, Ketua PN Martapura Ita Widyaningsih, Kadiskominfo SP Banjar Aidil Basith dan para tamu undangan lainnya.

Forum Jurnalis Banjar sejatinya sebagai wadah berkumpul dan berdiskusi tingkat lokal. Mengedepankan kebersamaan serta mencarikan solusi untuk meningkatkan kesejahteraan bersama. Sehingga, insan pers Kabupaten Banjar selama ini sangat aktif menyampaikan informasi akurat serta tetap independen.

Semua personil yang tergabung dalam Forum Jurnalis Banjar rata-rata bekerja di media cetak, online, dan elektronik yang setiap hari bekerja di Kabupaten Banjar. Muslim Fahmi de Musfa, Hendra, Adi Permana, Andi Syam, dan Ainuddin dipercaya sebagai pengurus inti Forum Jurnalis Banjar. Sedangkan Supiansyah Darham, pengacara terkenal di Banjar dan sangat peduli bidang sosial dan hukum dipercaya sebagai Pembina organisasi.

Fahmi de Musfa menyatakan, wacana mendirikan forum sangat lama, niatkan bahkan puluhan tahun. Motifnya untuk menghimpun seluruh jurnalis yang tidak selama ini sulit bernaung dalam satu wadah. Fahmi juga berterima kasih kepada Bupati Banjar H Saidi Mansyur dan Forkopimda serta Kominfo Banjar yang sangat mendukung forum jurnalis Banjar.

“Kami tetap terbuka menerima saran dan masukan untuk perbaikan organisasi ini ke depannya,” imbuhnya.

Pembina FJB, Supiansyah Darham mengharap rekan-rekan jurnalis tetap pada koridor etika jurnalisme yakni menyajikan berita yang berimbang, sesuai cek ricek, sehingga tidak bias.

Di kesempatan sesi foto bersama, turut hadir juga Ketua DPRD Banjar HM Rofiqi, yang meminta maaf kepada hadirin karena dalam waktu bersamaan akan segera meluncur ke luar daerah.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur dalam amanatnya berharap, setelah dikukuhkan, FJB dapat semakin mempererat kerja sama dengan Pemkab Banjar dan tentu juga dengan Forkopimda dalam bersama-sama memajukan daerah guna menuju Kabupaten Banjar yang maju, mandiri dan agamis (Manis).

“Kami sadar bahwa kami tidak bisa mengemban amanat ini sendirian, karena harus juga didukung oleh Forkopimda, dan organisasi-organisasi di Kabupaten Banjar, termasuk Forum Jurnalis Banjar,” ujar Saidi.

Sinergisitas Pemkab Banjar bersama-sama stake holder menjadi mutlak, utamanya pers (jurnalis) bisa menjadi media yang menjalin komunikasi yang intens antara pemerintah dengan rakyat maupun sebaliknya dari rakyat kepada pemerintah.

“Untuk itu, kami berharap profesionalisme jajaran jurnalis untuk menjadi sarana yang efektif dan efisien bagi upaya ikhtiar kita bersama dalam menyampaikan pesan-pesan, program pembangunan kepada masyarakat,” cetusnya.

Bupati pun mengingatkan pentingnya peningkatan kapasitas jurnalis, di mana yang masih belum sertifikasi di Dewan Pers, maka perlu difasilitasi oleh FJB tentu didukung pemerintah.

Penulis : Muhammad Amin

Editor: Yos Casa Nova F

Previous articleDihantam Pandemi, Sejumlah Sekolah Nasabah Bank Sampah, Vakum
Next articleCegah Narkoba Melalui Ketahanan Keluarga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here