Program Baru Bagi Penyandang Disabilitas, Dukcapil Oku Timur Terapkan Sistem Jemput Bola

Oku Timur, PONTAS.ID – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Oku Timur, H Mursal luncurkan Program baru yaitu pendataan khusus penyandang disabilitas sistim jemput bola. Kegiatan ini diperuntukkan seluruh masyarakat penyandang disabilitas Kabupaten Oku Timur.

“Jadi program kita ini adalah sistem jemput bola langsung mendatangi penyandang disabilitas yang belum mempunyai biodata diri, artinya belum mempunyai NIK dan belum terdaftar sama sekali di Disdukcapil,” ucap Kepala Dinas Disdukcapil Oku Timur H Mursal, saat dikonfirmasi Pontas.id di ruangannya, Kamis (30-06-2022).

Tak hanya itu, dalam program ini H Mursal menegaskan tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.

“Nanti kita bikinkan NIK nya, kemudian kalau memang dia sudah dewasa langsung kita rekam, kalau dia masih anak anak kita buatkan KIA nya, dan kalau yang sudah pernah rekam kita buatkan KTP nya dan program ini gratis tanpa dipungut biaya,” jelasnya

“Jadi program kita ini Sistim jemput bola, bagi khusus penyandang disabilitas diantaranya Tuna Rungu, Tuna Wicara, Tuna Netra ,Tuna Daksa serta penyandang disabilitas yang tidak memungkinkan mereka untuk datang ke Disdukcapil,” tambahnya.

Selanjutnya kata H Mursal mengatakan, bagi keluarga yang mempunyai saudara penyandang disabilitas, supaya di laporkan ke pihaknya melalui telepon kantor, sehingga nantinya akan dijadwalkan untuk datang ketempat penyandang disabilitas tersebut.

Previous articleKomite II Serap Aspirasi Masyarakat Pulau Bunaken
Next articlePemekaran DOB Tiga Provinsi di Papua Didanai APBN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here