Kunker ke Sumbar, Sultan Disambut Mahyeldi

Padang, PONTAS.ID – Wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamudin hari ini melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Samatera Barat.

Kedatangan Sultan yang didampingi beberapa Senator disambut langsung oleh Gubernur Muhyeldi Ansharullah dan Wakil Gubernur Audy Joinaldy di Kantor Gubernur.

“Ini merupakan kunjungan balasan kami, setelah sebelumnya Pak Gubernur Ustadz Muhyeldi Ansharullah bersilaturahmi ke kediaman kami di Jakarta pada beberapa waktu yang lalu. Saya dan kolega Senator lainnya tentu sangat tersanjung dengan sambutan yang luar biasa ini”, ujar Sultan kepada awak Media.

Mantan Wakil Gubernur Bengkulu itu pun mengungkapkan beberapa hal yang menjadi isi pembicaraan dalam silaturahmi tersebut. Salah satunya adalah terkait isu pengembangan ekonomi daerah dan pemberdayaan UMKM di Sumatera Barat.

“Dalam kebijakan pembangunan ekonomi daerah, Sumatera Barat ini sangat unik. Di mana Pemerintah daerah di sini sangat mengutamakan kepentingan pengembangan ekonomi bisnis masyarakat lokal, terutama pada sektor perdagangan”, kata Sultan.

Meski demikian, bukan berarti pemerintah Provinsi ini bersifat tertutup terhadap investasi. Khusus dalam usaha jasa dan manufaktur, saat ini Sumbar disebut berpotensi menjadi tujuan investasi asing dengan nilai investasi yang signifikan.

“Ini tentu menjadi kabar baik bagi masyarakat daerah. Karena akan ada lapangan pekerjaan baru yang akan disiapkan oleh pemerintah di Sumbar. Tapi kami minta Pemerintah harus turut mendukung potensi investasi ini dengan ketersediaan infrastruktur dan listrik yang memadai”, jelas mantan ketua HIPMI Bengkulu itu.

Menurutnya, permasalahan pemadaman listrik dan kondisi infrastruktur jalan di beberapa daerah belum sepenuhnya cukup menunjang aktifitas ekonomi masyarakat. Kami mendorong agar kementerian terkait dapat membantu pemerintah daerah setempat dengan memperbaiki kondisi infrastruktur tersebut.

“Sumatera Barat juga terkenal sebagai daerah yang subur, sehingga memiliki banyak produk pertanian dengan kualitas ekspor. Produk unggulan ekspor Sumbar ini sangat beragam, mulai dari petai, jengkol, manggis, produk turunan dari kelapa dan lainnya yang diekspor kebanyak negara”, terangnya.

Potensi pertanian ini kata Sultan, harus didukung dengan industri pengolahan modern. Sehingga dapat meningkatkan nilai tambah dan membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat.

“Beruntungnya masyarakat Sumatera Barat terkenal sangat pandai mengolah bahan pangan menjadi berbagai menu makanan uang bernilai jual tinggi, seperti rendang dan lainnya”, tutupnya.

Diketahui, selain bersilaturahmi dengan Gubernur, Sultan juga diagendakan akan menjadi pembicara kunci dalam Kuliah umum di Kampus Universitas Negeri Padang esok hari, Rabu (12/4/2022).

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleKetua DPR Kecam Insiden Kekerasan di Demo 11 April
Next articleSafari Ramadhan di 51 Masjid, Bupati Sergai Turunkan 17 Tim Pemkab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here