PNS Harus Mampu Menjadi Perekat dan Pemersatu Bangsa

Siti Fauziah bersama PNS MPR
Siti Fauziah bersama PNS MPR

Jakarta, PONTAS.ID – Plt. Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Jenderal (Setjen) MPR RI Siti Fauziah, SE, MM membuka secara resmi Orientasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Setjen MPR RI. Acara yang digelar di Ruang GBHN, Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/3/2022) diikuti 29 CPNS yang telah lolos berbagai tahapan seleksi.

Dalam sambutannya, Siti Fauziah yang akrab disapa Ibu Titi ini mengungkapkan beberapa hal penting yang harus dipahami para CPNS tentang makna dan tugas-tugas sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Pertama, menjadi seorang PNS artinya menjadi aparatur pemerintah, abdi negara dan abdi masyarakat yang setia dan taat kepada Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Kedua, PNS memiliki tugas memberikan pelayanan publik secara profesional dan berkualitas.

Selain itu, lanjutnya, PNS dituntut mampu menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam hal merekatkan dan memersatukan masyarakat dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kenapa hal ini sangat ditekankan, sebab negara kita adalah negara yang sangat majemuk, terdiri dari berbagai macam suku bangsa, ras, agama, bahasa dan semuanya harus tetap bersatu agar NKRI selalu tetap terjaga,” tegas Titi, Selasa (29/3/2022).

Ada satu momen yang unik dilakukan Ibu Titi di tengah-tengah sambutannya. Untuk mengendurkan suasana tegang yang dialami para peserta orientasi, ia membuka dialog interaktif dengan melemparkan pertanyaan kepada peserta tentang Empat Pilar MPR. Pertanyaan tersebut langsung dijawab secara tepat oleh salah seorang CPNS.

“Seperti itulah aparatur pemerintah, berani dan menguasai semua hal tentang kebangsaan. Salah satunya Empat Pilar MPR ini,” puji Ibu Titi, dibarengi tepuk tangan riuh peserta lain.

Dalam kesempatan itu, Ibu Titi juga mengulas tentang pentingnya CPNS untuk mencintai, memahami, menguasai dan mengimplementasikan budaya serta karakter bangsa Indonesia yang sangat dikenal dengan kesantunan, kedisplinan dan keramahannya.

Di sini Ibu Titi kembali melemparkan pertanyaan dadakan untuk memancing semangat peserta. “Siapa di antara kalian yang menguasai budaya daerah seperti tarian dan lagu daerah?” tanyanya. Ibu Titi langsung mengangkat dua jempol, ketika ada beberapa peserta yang mengangkat tangan.

“Ketika kaum milenials tidak lupa budaya dan jati dirinya di tengah gempuran budaya modern seperti Kpop dan Barat, maka kita bisa berharap banyak Indonesia maju di masa depan,” tambahnya.

Di sesi akhir, mewakili Pimpinan Sekretariat Jenderal MPR, Ibu Titi memberikan ucapan selamat kepada para peserta yang lolos menjadi CPNS Setjen MPR RI. “Semoga kalian menjalaninya dengan baik. Lalu, ketika lolos dan ditetapkan menjadi PNS, kalian bisa menjaga serta menjalankan kepercayaan tugas dan jabatan yang akan kalian emban,” tandasnya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articlePerempuan Harus Cerdas dan Berdaya, Agar Bisa Mandiri
Next articleMPR Dorong Komika Sampaikan Pesan Kebangsaan Melalui Stand Up Comedy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here