Jokowi akan Gelar Camping di Wilayah IKN, Irwan: Awas Kerobohan Pohon!

Jokowi akan Camping di wilayah IKN
Jokowi akan Camping di wilayah IKN

Samarinda, PONTAS.ID — Rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta sejumlah menteri dan gubernur akan menggelar camping di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur (Kaltim) mulai Minggu (13/3/2022) hingga Selasa (15/3/2022).

Anggota DPR Dapil Kaltim, Irwan mengapresiasi rencana presiden tersebut. Namun, dirinya mengingatkan para rombongan Presiden Jokowi untuk tetap siaga dan waspada terkait keamanan kondisi di hutan tersebut. Sebab, pohon yang ditanam di sekitar lokasi camping itu merupakan tanaman industri.

“Tentu kita mengapresiasi rencana pak Jokowi untuk camping, bermalam di IKN. Itu sebenarnya simbol yang baik bahwa beliau serius walaupun dengan kondisi keuangan negara, timeline ini sangat-sangat mengkhawatirkan untuk terjadi mangkrak, kemudian utang penggunaan APBN 100%,” kata Irwan kepada wartawan, Minggu (13/3/2022).

“Di beberapa kasus juga banyak adek-adek kita yang pecinta alam, karena tidak memahami karakteristik wilayah campingnya meninggal dunia akibat kerobohan pohon, dan lain-lain,”sebut dia

Karena itu, menurut Ketua DPD Partai Demokrat Kaltim ini, masalah keamanan harus menjadi pertimbangan rombongan presiden, lantaran mereka camping di hutan tanaman industri yang ditumbuhi tanaman jenis Eukaliptus.

“Pohon ini ditanam bukan dari bibit dan usianya masih pendek, jadi tentu berbeda perlakuannya,”terang legislator doktor ilmu kehutanan ini.

Ia menjelaskan dalam proses pertumbuhannya, tanaman Eukaliptus ini sering mematahkan dahan, dan kondisi ini berbahaya. Bukan hanya untuk orang yang memanjatnya, tapi orang yang berdiri di bawahnya.

Sehingga, penting adanya informasi dan pengetahuan mengenai tanaman yang ada di area camping. Dan lagi, tanaman ini mudah terbakar dan meledak.

“Tanaman ini, mengandung zat mudah terbakar dan meledak, Eukaliptus itu tanaman aromaterapi. Kesalahan camping ini berbahaya bagi kepala negara sehingga harus diperhatikan,” sarannya.

Anggota Komisi V DPR ini juga menjelaskan, dalam proses pertumbuhannya, tanaman Eukaliptus sering mematahkan dahan, dan kondisi ini berbahaya. Bukan hanya untuk orang yang memanjatnya, tapi orang yang berdiri di bawahnya.

Sehingga, penting adanya informasi dan pengetahuan mengenai tanaman yang ada di area camping. Dan lagi, tanaman ini mudah terbakar dan meledak.

“Tanaman ini, mengandung zat mudah terbakar dan meledak, Eukaliptus itu tanaman aromaterapi. Kesalahan camping ini berbahaya bagi kepala negara sehingga harus diperhatikan,” saran legislator ini.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleCegah Pernikahan Dini untuk Wujudkan Keunggulan Bangsa
Next articleBamsoet Dorong Prajurit TNI Raih Prestasi di Kejuaraan Menembak Internasional

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here