Bupati Sergai Salurkan Bantuan bagi Warga Terdampak Banjir

Sergai, PONTAS.ID – Perwakilan Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI), yang turut meninjau  sekaligus memberikan bantuan sembako kepada masyarakat di Dusun I Desa Sei Rampah, Kecamatan Sei Rampah, Rabu (3/11/2021) sore.

Hal ini dilakukan karena daerah tersebut terendam banjir yang diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi, juga sungai Bedagai yang meluap sehingga berdampak pada beberapa desa yang dilalui sungai tersebut.

Bupati Sergai, Darma Wijaya diwakili Sekdakab M Faisal Hasrimy turut mendampingi Kepala Balai Karya Bahagia Medan, Kemensos RI  Lyana Siregar untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat Sei Rampah yang terdampak banjir.

Disela-sela peninjauan tersebut, Lyana Siregar menyebut jika hari ini Kementerian Sosial bekerja nyata untuk memberi bantuan kepada masyarakat yang terkena musibah banjir di Kabupaten Sergai. Hal ini juga merupakan wujud perhatian pemerintah pusat ke daerah-daerah yang sedang mendapat musibah seperti banjir saat ini.

“Kami turut prihatin atas musibah banjir ini dan semoga masyarakat yang terdampak banjir tetap tabah serta tegar menghadapi cobaan ini. Mudah-mudahan bencana banjir ini segera usai agar masyarakat dapat beraktivitas seperti semula,” ujarnya.

Bupati Darma melalui Sekdakab M Faisal Hasrimy, menyampaikan terima kasih kepada Kemensos RI, dalam hal ini diwakili Kepala Balai karya Bahagia Medan atas kepedulian terhadap masyarakat Sergai yang sedang tertimpa musibah Banjir.

Kalau Pemkab Sergai bersama DPRD sudah berkoordinasi dalam hal penyelesaian banjir. Namun, terkendala terkait pembebasan lahan bantaran sungai  masih ada masyarakat yang mendirikan bangunan di bantaran sungai sebagai tempat tinggal,” ungkapnya.

Apabila permasalahan ini sudah selesai, lanjut Sekda maka Kementrian PU dan BWS akan mengorek sendimen sungai. Oleh karenanya, ini tentu butuh sinergitas dari semua pihak.

   “Hari ini pemerintah hadir di tengah masyarakat, dimana kita sebagai anak bangsa dapat merasakan kondisi masyarakat yang sedang menghadapi kesulitan akibat banjir. Maka dari itu kita harus saling bersinergi antara Pemkab dengan seluruh unsur Forkopimda serta masyarakat agar permasalahan banjir di Sergai segera teratasi,” tutur Faisal.

Bupati melalui Sekda mengimbau kepada para Kepala Desa agar mengatur bantuan yang telah di berikan  baik dari Kemensos RI, Pemkab Sergai dan Polres Sergai pada hari ini, sehingga  seluruh masyarakat yang terdampak mendapatkan bantuan dengan merata.

“Dalam hal ini pemerintah sudah mengerahkan kekuatan penuh untuk menanggulangi masalah banjir ini dimana ada 13 titik posko yang didirikan dan di setiap titik posko pemerintah ,” terangnya.

Terpisah, Plt. Camat Sei Rampah Rahmat Suhendra Damanik menjelaskan, posko dan dapur umum telah didirikan di 13 titik.

“Hingga sampai saat kami, kami bersama OPD dan stakeholder terkait selalu bersinergi dan masih terus bersiaga memantau situasi. Dikhawatirkan terjadi hujan deras dan banjir susulan,” ujar Plt Camat Sei Rampah.

Hadir dalam peninjauan tersebut, Kapolres Sergai AKBP. Robin Simatupang, Ketua DPRD Sergai  M. Riski Ramadhan Hasibuan, OPD terkait, Camat Sei Rampah dan Kepala Desa Sei Rampah.

Penulis: Andy Ebiet
Penulis: Fajar Virgyawan Cahya

Previous articlePerubahan Iklim Ancaman Terbesar Keamanan Nasional, Anis Matta: Agenda Utama Partai Gelora
Next articleOSS-BKPM, Upaya Sistematis Pemerintah Mereduksi Kehidupan Pers

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here