Bamsoet Minta Pemerintah Persiapkan Pembukaan Destinasi di Bali untuk Turis Asing

Bambang Soesatyo
Bambang Soesatyo

Jakarta, PONTAS.ID – Pemerintah berencana akan kembali membuka wilayah Bali bagi turis asing pada Kamis (14/10/2021).

Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta pemprov Bali untuk mempersiapkan pembukaan destinasi di Bali bagi turis asing secara terukur, dan meminta agar pemerintah daerah provinsi bali melakukan simulasi terlebih dahulu sebelum destinasinya benar-benar dibuka.

Hal tersebut guna memastikan seluruh kesiapan mulai dari sarana prasarana hingga pihak-pihak terkait sudah sesuai dengan standar operasional prosedur/SOP.

“Meminta agar penerapan protokol kesehatan di pintu-pintu masuk kedatangan serta persyaratan kedatangan dari pre departure requirements hingga on arrival requirements diperketat. Disamping, pemerintah juga harus memastikan manajemen karantina bagi turis asing diperhatikan dan dimonitor dengan baik. Hal tersebut sangat penting guna mengantisipasi dan mencegah terjadinya peningkatan kasus Covid-19 di Bali,” katanya, Rabu (13/10/2021).

Pria akrab disapa Bamsoet berharap pemerintah bersama Satgas Penanganan Covid-19 untuk meninjau sekaligus memantau kesiapan destinasi-destinasi wisata di Bali dalam menerapkan protokol kesehatan yang ketat, disamping mengingatkan para pengusaha wisata untuk menyiapkan informasi melalui website akun resmi tempat wisata agar mudah dipahami pengunjung, selanjutnya terus mengawasi para pengunjung guna mencegah potensi terjadinya kerumunan di tempat wisata yang dapat berakibat munculnya kluster baru Covid-19.

“Meminta komitmen pemerintah untuk mengevaluasi secara berkala pembukaan destinasi Bali bagi turis asing atau wisatawan, disamping memonitor penerapan prokes tetap dijalankan dengan baik,” tuturnya.

Bamsoet pun mendesak pemda Bali untuk segera mengejar target capaian vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat setempat sebelum destinasi Bali benar-benar dibuka, guna membentuk kekebalan kelompok.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleBamsoet Apresiasi Cabor Tarung Derajat PON XX Papua Sukses Digelar
Next articleBamsoet Minta Polisi Berkomitmen Selesaikan Kasus Hukum Tanpa Melanggar HAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here