Bamsoet Minta Pemerintah Buat Dilklat Platform Digital untuk UMKM

Bambang Soesatyo
Bambang Soesatyo

Jakarta, PONTAS.ID – Masih banyak pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah/UMKM kurang menguasai platform digital atau minim literasi digital.

Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah/Kemenkop-UKM untuk membuat program pendidikan dan pelatihan (diklat) terkait pemahaman platform digital tersebut, disamping menggencarkan upaya digitalisasi UMKM hingga ke seluruh wilayah di Indonesia, karena digitalisasi UMKM di tengah situasi pandemi menjadi salah satu upaya efektif agar UMKM tetap bisa memasarkan produk-produknya.

“Meminta pemerintah melalui Kemenkop-UKM mendata UMKM yang berada di luar wilayah kota-kota besar, dikarenakan keberadaan UMKM di berbagai daerah tersebut menjadi salah satu sarana untuk membangun secara merata tingkat perekonomian di Indonesia,” katanya, Selasa (12/10/2021).

Pria akrab disapa Bamsoet juga meminta pemerintah melalui Kemenkop-UKM meningkatkan literasi digital dan pengetahuan/knowledge agar para pelaku UMKM dapat memanfaatkan berbagai platform digital, seperti media sosial dan e-commerce, untuk memperluas dan mengembangkan pangsa pasar, bahkan hingga ke pangsa pasar internasional.

“Meminta pemerintah melalui Kemenkop-UKM memberikan pendampingan untuk transformasi digital bagi para pelaku UMKM secara maksimal, sehingga inklusi digital dan pemerataan pembangunan ekonomi di Indonesia dapat terwujud. Dikarenakan, UMKM memberikan kontribusi sekitar 60 persen terhadap pendapatan domestik bruto/PDB nasional, dan menyerap sekitar 97 persen tenaga kerja di Indonesia,” tandasnya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleBamsoet Apresiasi Vaksin Zifivax dapat Izin dari BPOM
Next articleBangun Sinergitas, Kasdam I/BB Kunjungi Polres Sergai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here