KM United Terbakar di Perairan Sergai, 2 ABK masih Hilang

Sergai, PONTAS.ID – Satu unit Kapal Motor (KM) dengan nama lambung United milik pengusaha dari Belawan, dengan bobot 60 GT (Gross Tonage) dengan rute Pelabuhan Perikanan Belawan menuju Fishing Ground Perairan Pulau Berhala,  terbakar di Perairan Pulau Berhala, Sergai, Selasa (3/8/2021).

Informasi yang berhasil diperoleh dari berbagai sumber, diketahui KM United membawa 10 orang ABK (Anak Buah Kapal), dan akibat  kejadian tersebut menyebabkan 1 (satu) orang ABK meninggal dunia, 2 orang dinyatakan hilang dan 7 orang selamat

Sedangkan ABK yang dinyatakan hilang masih dilakukan pencarian oleh tim Basarnas Medan yang tiba di lokasi melalui pelabuhan Belawan, Rabu (4/8/2021) sore.

Sementara  sumber dari Belawan juga menyebutkan, kalau 7 ABK yang selamat dan 1 ABK yang meninggal dunia, pagi tadi sekitar pukul 03.00 WIB telah tiba di Pelabuhan Belawan dengan mengendarai KM United 2 yang saat itu membantu penyelamatan.

Kronologis kejadian, saat kebakaran terjadi KM Tanto (Kapal Kargo) yang sedang melintas dari Perairan Pulau Berhala menuju Belawan melihat KM United terbakar, dan ABK KM Tanto mencoba membantu memadamkan api.

Pada saat yang bersamaan, datang KM United 2 (satu perusahaan yang sama dengan KM United yang terbakar) juga sedang melintas dan turut membantu. namun karena  besarnya kobaran api dan hembusan angin laut yang kuat, api langsung membakar semua bagian kapal sehingga usaha yang dilakukan tidak membuahkan hasil.

Akibat kebakaran tersebut, KM United karam di lokasi laut yang diperkirakan mencapai kedalaman 70-90 meter.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Medan, Toto Mulyono, ketika dikonfirmasi wartawan mengatakan, bahwa informasi pertama diterima dari petugas siaga VTS Belawan, sehingga dirinya langsung memerintahkan Kepala Seksi Operasi Basarnas Medan untuk memimpin pergerakan personil Rescuer   Kantor Pencarian dan Pertolongan Medan menuju Belawan.

“Bergabung bersama personil kapal KN. SAR Sanjaya yang nantinya akan digunakan menuju lokasi melakukan pencarian.” ucapnya.

Toto menambahkan, sekitar pukul 07.00 WIB, KM SAR Sanjaya bersama 18 orang personil berangkat menuju Perairan Pulau Berhala, dan hingga saat ini tim masih fokus melakukan pencarian.

“Semoga korban secepatnya bisa diketemukan,” harapnya.

Penulis: Andy Ebiet
Editor: Fajar Virgyawan Cahya

Previous articleLagi, Polda Metro Gulung Penimbun Obat Covid-19
Next articleDukung Jokowi Tangani Covid-19, Bamsoet Optimis Heird Immunity Bisa Tercapai Tahun ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here