Sosialisasi Akta Kelahiran, Camat Kisaran Timur Jemput Bola

Asahan, PONTAS.ID – Plt. Camat Kecamatan Kota Kisaran Timur Rahmat Hidayat Siregar mengapresiasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapail) Kabupaten Asahan yang telah melakukan sosialisasi Akselerasi Kepemilikan Akte Kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kecamatan Kota Kisaran Timur, Asahan, Sumatera Utara.

Dikatakannya, sosialisasi tersebut menambah pengetahuan pihaknya tentang pentingnya Kepemilikan Akte Kelahiran dan KIA kepada masyarakat.

“Kepemilikan Akte Kelahiran dan KIA ini sangat penting bagi masyarakat kita, karena saat ini setiap urusan administrasi wajib melampirkan Akte Kelahiran beserta KIA,” ujar dia, Kamis (10/6/2021).

Rahmat yang juga Kadis Kominfo Asahan itu menegaskan, agar seluruh Lurah se-Kecamatan Kota Kisaran Timur beserta perangkatnya dan dibantu Ketua TP. PKK Kelurahan harus jemput bola guna membantu masyarakat dalam mengurus Akte Kelahiran dan KIA.

Rahmat berharap, tidak ada lagi masyarakat di Kecamatan Kota Kisaran Timur yang tidak memiliki kartu identitas tersebut.

“Sebagai pelayanan masyarakat kita harus melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya dan mempermudah setiap urusan mereka serta membantu Pemerintah Kabupaten Asahan menyukseskan visi dan misinya,” kata Rahmat.

Hingga saat ini, ribuan masyarakat Kecamatan Kota Kisaran Timur belum melakukan pengurusan akte kelahiran.

“Itu diperlukan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten dan Kecamatan dalam melengkapi administrasi kependudukan tersebut,” ujarnya.

Hal tersebut diketahui dari penuturan yang disampaikan Kepala Disdukcapil Asahan, Supriyanto.

“Kepada para Lurah se-Kecamatan Kota Kisaran Timur diharapkan lebih mengaktifkan perangkatnya, terutama Kepling untuk mendata masyarakatnya yang belum memiliki administrasi kependudukan,” kata Supriyanto.

Supriyanto juga menjelaskan tentang pentingnya Akte Kelahiran dan KIA untuk anak karena saat ini setiap anak yang ingin masuk sekolah, membuat paspor dan identitas lainnya harus melampirkan Akte Kelahiran dan KIA.

“Semoga Kelurahan se-Kecamatan Kota Kisaran Timur menjadi Kelurahan yang tertib Adminduk yang artinya di Kelurahan tersebut seluruh masyarakatnya telah memiliki administrasi kependudukan”, tukasnya.

Penulis : Bayu Kurnia Jaya

Editor: Fajar Virgyawan Cahya

 

Previous articleBudidaya Cupang Jakarta Utara Go Internasional
Next articleRencana Kenaikan PPN Sembako, MPR: Tak Berpihak ke Rakyat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here