Gubernur Koster Harap MPR Dukung Percepatan Program Vaksinasi 70 Persen Masyarakat Bali

Bali, PONTAS.ID – Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad memberikan apresiasi atas kerja keras Pemerintah Provinsi Bali dalam upaya meminimalisir penyebaran pandemi Covid-19. Seperti, menerapkan kebijakan protokol kesehatan yang ketat sampai melaksanakan program vaksinasi Covid secara teratur.

Walaupun belum seratus persen mampu menghilangkan pandemi, namun semua upaya yang dilakukan Pemprov mampu memberikan harapan buat rakyat Bali yang sedang terpuruk.

“Saya pribadi sangat kagum dengan semangat Gubernur Bali dan jajarannya di masa sulit ini. Dengan segala daya upaya berusaha menghambat penyebaran pandemi di daerahnya sekaligus memperbaiki perekonomian Bali yang luarbiasa hancur terkena imbas pandemi,” katanya, usai bertemu Gubernur Bali I Wayan Koster, dalam siaran persnya, Kamis (3/6/2021).

Melihat kegigihan Gubernur tersebut, Fadel Muhammad yakin Bali akan mampu menurunkan pandemi.

“Saat bertemu dengan Gubernur, saya melihat optimisme beliau sangat tinggi jika Bali mampu membuka diri kembali sebagai destinasi wisata domestik dan mancanegara seperti saat sebelum pandemi datang,” tambahnya.

Untuk itu, lanjut Fadel Muhammad, pemerintah pusat mesti berani mewujudkan optimisme Bali tersebut, salah satu bentuknya dengan segera membuka penerbangan internasional sehingga ekonomi bisa bergerak dan pulih lagi seperti sedia kala.

Mantan Gubernur Gorontalo dua periode ini mengungkapkan bahwa ada contoh beberapa negara seperti Singapura, Dubai dan Rusia yang berhasil memperbaiki perekonomiannya sekaligus menurunkan perluasan penyebaran pandemi dengan berani membuka diri setelah melakukan berbagai program prokes dan vaksinasi secara disiplin.

“Keberhasilan negara-negara tersebut bisa dijadikan motivasi bahwa displin kesehatan secara ketat menjadi solusi keluar dari kungkungan pandemi dan memulihkan perekonomian,” katanya.

Gubernur Bali I Wayan Koster memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pimpinan MPR Fadel Muhammad yang sangat peduli dengan situasi Bali di masa pandemi ini.

“Memang keadaan ini sangat memukul perekonomian rakyat Bali yang sangat bergantung kepada kunjungan wisatawan. Pertumbuhan ekonomi Bali selama kuartal I tahun 2021 sampai mengalami kontraksi minus 9,8 persen.  Melihat pertumbuhan yang seperti itu, tidak ada jalan lain bagi kami, Bali harus segera dibuka.  Kami sudah mempersiapkan diri jauh-jauh hari bahkan kami sudah siap sejak September tahun 2020 lalu, dengan melakukan disiplin kesehatan tanpa kecuali dan pemberian vaksinasi kepada masyarakat Bali,” paparnya.

Melihat pentingnya vaksinasi, Gubernur I Wayan Koster berharap agar Pimpinan MPR Fadel Muhammad mendukung rencana percepatan vaksinasi untuk 70 persen rakyat Bali sampai bulan Juli 2021. “Pemprov Bali dan masyarakat juga pelaku industri wisata sudah memiliki komitmen kuat untuk berpartisipasi aktif dalam program ini dengan dukungan sistem bagus yang kami miliki dan berjalan baik,” ujarnya.

Untuk mewujudkan itu, lanjutnya, Gubernur mengungkapkan membutuhkan kerjasama pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan untuk membantu kebutuhan sekitar total 6 juta dosis vaksin.

“Kami sangat berharap Bapak Fadel Muhammad membantu mendorong hal tersebut kepada pemerintah. Kalau program tersebut berhasil dilaksanakan sesuai jadwal, saya yakin Bali akan menjadi zona hijau sehingga aman dan nyaman untuk wisatawan  untuk berlibur di Bali,” pungkasnya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Riana

Previous articlePendidikan Indonesia Mesti Dijaga, Jangan Sampai Terpuruk karena Covid-19
Next articleBamsoet Dukung Touring Ekspedisi Jelajah Kebangsaan Wartawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here