Rusun Penjaringan Tak Ramah Anak dan Rawan Covid-19, Ini Sebabnya

Jakarta, PONTAS.ID – Kondisi rumah susun sewa (rusunawa) Penjaringan Jakarta Utara saat ini memprihatinkan. Pasalnya, selain tak ramah anak, penerapan protokol kesehatan juga terpantau nihil alias tidak ada.

Pantauan PONTAS.id, Sabtu (10/4/2021) sore terlihat sekelompok anak di bawah umur tanpa mengenakan masker berkerumum dengan santai menghisap rokok di halaman rusun sambil menonton temannya tengah bermain futsal.

Saat ditanya kenapa merokok, rombongan anak itu kompak menjawab untuk menambah stamina sebelum bermain futsal, “Merokok dulu biar kuat,” kata mereka.

Selain itu, beberapa bagian dari lantai di halaman rusun Penjaringan tampak mengalami keretakan yang berpotensi mencederai anak saat bermain.

Permasalahan berikutnya, pengelola rusun Penjaringan juga tidak menyediakan air serta sabun pembersih tangan.

Kondisi ini diperparah ketika warga maupun pengunjung yang masuk ke dalam areal rusun, suhu tubuhnya tidak diukur oleh petugas.

Akibatnya, berpotensi meningkatkan penyebaran serta memunculkan klaster baru Covid-19 di tengah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Hingga berita ini dipublikasikan, Kepala UPRS Penjaringan belum memberi tanggapan, “Kepala Rusun dan pengelolah libur Sabtu Minggu. Senin datang aja lagi ke sini pak,” kata salah satu petugas keamanan saat ditemuiĀ PONTAS.id di rusun Penjaringan.

Penulis: Yos Casa Nova F
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here