Cetak Santri Berkarakter, Ponpes Sunanul Muhtadin Gandeng Unesa

Surabaya, PONTAS.ID  – Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Sunanul Muhtadin SMP Al Maajid, Sidayu, Gresik melakukan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) di Kampus Unesa, Lidah Wetan, Surabaya pada Rabu (7/5/2021).

Setelah MoU ini, pola pendidikan yang diterapkan di Ponpes Modern Sunanul Muhtadin langsung di bawah binaan Unesa sehingga kualitas pendidikannya terjamin.

Rektor Unesa Prof Dr H Nurhasan MKes mengatakan, melalui MoU tersebut, Unesa akan mendampingi secara penuh kemajuan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM), sarana prasarana, termasuk proses pembelajaran dan kurikulum di Ponpes Modern Sunanul Muhtadin.

”Dengan begitu pesantren ini menjadi pesantren modern yang nantinya akan melayani dengan baik masyarakat di wilayahnya maupun Indonesia. Bahkan kita berfikir Unesa akan membantu siswanya dari luar negeri, kita siapkan betul,” katanya di sela penandatanganan MoU oleh Pengasuh Ponpes Sunanul Muhtadin KH M Sunan Hamli dengan Rektor Unesa.

Menurut Nurhasan, dengan adanya MoU maka kerjasama yang dilakukan semakin konkret untuk menjadikan Ponpes Sunanul Muhtadin sebagai pesantren modern berkarakter dengan mengkombinasikan kemampuan pendidikan umum dan agama secara baik.

Nurhasan mengatakan, selama ini Unesa telah melakukan kerjasama serupa dengan sejumlah sekolah berkualitas di berbagai daerah. Salah satunya Al Hikmah Surabaya.

”Bentuk pendampingan tidak hanya kita datang, tapi selalu mengikuti perkembangan, dan SDM selalu kita beri informasi mengenai perubahan-perubahan dan kebaruan tentang pendidikan,” katanya.

Sementara itu, Penasehat Ponpes Modern Sunanul Muhtadin SMP Al Maajid yang juga Wakil Ketua MPR Dr Jazilul Fawaid mengaku bersyukur bisa menjalin kerja sama dengan Unesa sebagai kampus yang menjadi salah satu barometer pusat pendidikan di Indonesia, khususnya Jawa Timur.

”Kita membutuhkan lembaga pendidikan yang disitu mengkombinasikan secara utuh antara dasar-dasar agama dengan kemampuan modern. Tentu Unesa sebagai ‘pabriknya’ guru, tenaga pendidik, saya yakin nanti pesantren ini akan memiliki energi yang kuat untuk melahirkan para lulusan yang memiliki karakter Indonesia yang utuh, kekuatan agama yang utuh, kekuatan cinta Tanah Air yang utuh,” katanya.

Dikatakan Gus Jazil- sapaan akrab Jazilul Fawaid- pola pendidikan di Ponpes Sunanul Muhtadin akan difokuskan pada pendalaman Alquran, bahasa internasional khususnya Arab dan Inggris, serta mampu menerapkan hidup dengan lingkungan sosial.

”Jadi pesantren yang lulusannya memiliki kepekaan sosial, kemampuan bergaul dengan dunia sosial yang baik. Tentu bimbingan Unesa ini menurut saya nanti akan memberikan checklist, siswa ini kemampuan dan bakatnya dimana, nanti diarahkan. Jadi nantinya siswa memiliki komitmen pada penguasaan dasar-dasar kitab kuning seperti yang diajarkan di pesantren,” tutur Ketua Ikatan Alumni Institut Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ) Jakarta ini.

Gus Jazil mengatakan, santri Ponpes Sunanul Muhtadin akan menjalani pendidikan dengan sistem boarding school secara penuh layaknya di pesantren pada umumnya, namun memiliki kemampuan pengetahuan umum yang memadai di bawah binaan langsung Unesa.

”Ini pendaftaran sudah dimulai Gelombang II. Orangtua yang ingin mendaftarkan anaknya bisa datang langsung ke lokasi, nanti akan diberikan pemahaman yang utuh. Jadi nanti orangtua bisa ikut juga memantau perkembangan anaknya di pesantren setiap saat melalui aplikasi teknologi,” katanya.

Dikatakan Gus Jazil, hal terpenting yang ditekankan bagi santri Ponpes Sunanul Muhtadin yakni bagaimana mereka memiliki karakter, etika, kemampuan bahasa, logika dan ilmu pengetahuan yang kuat. “Bagaimana mencetak lulusan yang punya karakter kuat, itu yang kita akan gali bersama Unesa,” tuturnya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articlePemkab Asahan akan Kembangkan Sumber Daya Maritim Terintegrasi
Next articleKapolda Kalsel Dukung Penuh Pergerakan Putra Putri Polri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here