Fadel Muhammad: Nani Wartabone Pahlawan Gorontalo Cinta NKRI

Fadel Muhammad
Fadel Muhammad

Jakarta, PONTAS.ID – Wakil Ketua MPR, Fadel Muhammad mengungkapkan di Gorontalo ada seorang pahlawan bernama Nani Wartabone yang sangat cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sosoknya sebagai pahlawan memang asing untuk rakyat Indonesia di luar Gorontalo, tapi bagi rakyat ‘serambi Madinah’ Nani sangat dikagumi dan dicintai.

Beliau adalah figur pahlawan dengan gagah berani pada tanggal 23 Januari 1942, memimpin masyarakat Gorontalo bertempur dan berhasil memporak porandakan pasukan penjajah Belanda.

Saat itu juga, Nani atas nama rakyat langsung memproklamirkan kemerdekaan Gorontalo. Hari itu dikenang sebagai hari Patritotik.

Yang sangat luarbiasa dari sang pahlawan, lanjut Fadel, begitu mendengar Bung Karno membacakan proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, tanpa ragu sedikitpun beliau dan pasukan serta rakyat langsung menyatakan bergabung dengan Indonesia. Melihat perjuangannya yang sangat hebat, pahlawan yang mendapat julukan ‘Petani Pejuang’ ini dianugerahi gelar Pahlawan Nasional Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 085/TK/Tahun 2003 tertanggal 6 November 2003.

“Semangat NKRI dari pahlawan ini mengajarkan kepada kita semua bahwa kesatuan bangsa itu di atas kepentingan pribadi atau golongan. Di era kemerdekaan ini, warisan perjuangan pahlawan itu semestinya dijaga. Namun, Indonesia sempat bersedih karena kehilangan salah satu bagiannya yakni Timor Timur. Ke depan bangsa Indonesia harus tetap satu apapun yang terjadi. Jangan sampai lepasnya Tim-tim terulang kembali,” ujarnya, Rabu (3/3/2021).

Untuk itu, Fadel mengajak seluruh rakyat Indonesia bergandengan tangan menjaga keutuhan bangsa. Jangan lagi mempermasalahkan perbedaan, semua fokus untuk satu tujuan Indonesia sejahtera.
“Makanya Empat Pilar MPR yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika mulai sekarang mesti dipelajari, dipahami dan diamalkan. Dengan begitu persatuan Indonesia akan terus terpeihara,” ucapnya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Rahmat Mauliady

Previous articleWalikota Tanjungbalai Jalani Vaksinasi Tahap Dua
Next articleBamsoet Dorong Optimalisasi BUMDes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here