Waspadai Potensi Hujan Lebat di Jabodetabek 23-24 Februari

Ilustrasi Cuaca Ekstrem
Ilustrasi Cuaca Ekstrem

Jakarta, PONTAS.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan perihal cuaca ekstrem. Potensi hujan lebat diprediksi masih terjadi selama sepekan ke depan di wilayah Jabodetabek.

“Saat ini dalam periode musim hujan setidaknya sampai akhir Maret atau akhir Februari perlu menjadi kewaspadaan, artinya sampai berakhirnya musim hujan ini,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam konferensi pers virtual yang disiarkan di YouTube BMKG, Sabtu (20/2/2021).

Berkaitan dengan kondisi banjir Jakarta yang terjadi pada Jumat (18/2) dan Sabtu (19/2), Guswanto mengatakan hal itu terjadi karena tiga faktor dari sisi air.

“Yang pertama hujan yang jatuh di wilayah Jabodetabek yang nanti akan bermuaranya ke Jakarta, kedua curah hujan di wilayah Jakarta itu sendiri, dan ketiga adanya pasang naik muka air laut di Jakarta,” imbuhnya.

“Kalau ketiganya beramplifikasi ini akan menjadi lebih jadi perhatian bagi DKI, apabila ketiganya terjadi, di samping faktor lain seperti lingkungan,” sambung Guswanto.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BMKG Dwikorita menjelaskan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang berpotensi terjadi sepekan ke depan.

“Untuk periode sepekan ke depan, wilayah Jabodetabek umumnya berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Namun besok itu tanggal 21 Februari warnanya menjadi hijau muda artinya apa, ini intensitasnya menjadi rendah,” kata Dwikorita.

Pada 22 Februari 2021 diprediksi hujan dengan intensitas ringan masih terjadi di wilayah Jabodetabek. Namun masyarakat perlu mewaspadai cuaca hujan dengan intensitas lebat berpotensi terjadi kembali pada 23-24 Februari 2021.

“Hari ini kesimpulannya, hari ini kita masih harus waspada ya, kemudian waspada berikutnya tanggal 23 dan tanggal 24, itu yang perlu kami tekankan,” kata Dwikorita.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Stevany

Previous articleMPR Dukung BPN Gandeng Kejaksaan Berantas Mafia Tanah
Next articleAntisipasi Narkoba, 25 Personel Polres Bintan Jalani Tes Urin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here