Pasca Penghentian Pencarian, 1 Jasad Muncul di Lokasi Tambang Longsor

Jasad terduga korban M (53), dibawa ke RSUD Batulicin untuk proses identifikasi, Senin (1/2/2021)

Tanah Bumbu, PONTAS.ID – Terduga korban terakhir pekerja tambang batubara manual terowongan bawah tanah di desa Mentawakan Mulia, kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, ditemukan. Terduga korban, M (53) ditemukan secara tak sengaja, karena proses pencarian sudah dihentikan sehari sebelumnya.

“Jasad langsung dievakuasi ke rumah sakit umum daerah Batulicin untuk proses identifikasi. Namun dari keterangan kepala desa setempat, nyaris bisa dipastikan bernama M,” ungkap Dandim 1022/TNB, Letkol CPN Rahmat Trianto, Senin (1/2/2021) petang.

Jasad ditemukan pekerja tambang yang berniat mencari sisa-sisa barang mereka yang tertinggal saat peristiwa longsor di area galian batubara sekitar pukul 15.10 WITA. Jasad itu diduga terseret banjir lumpur.

Rahmat memperkirakan, saat proses pencarian oleh Tim SAR Gabungan, jasad itu tak terlihat karena tertutup dengan reruntuhan langit-langit terowongan, “Dan sampah-sampah bekas yang dibawa banjir serta kondisi terowongan yang gelap,” kata dia.

Atas penemuan ini, lanjut Dandim, jika hasil identifikasi bahwa jasad tersebut bernama Misjo, dipastikan 10 pekerja yang terperangkap dalam lorong terowongan sudah berhasil ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa.

Sebelumnya, Minggu 24 Januari lalu, terjadi peristiwa longsor di area tambang batubara manual terowongan bawah tanah di desa itu. Kejadian berlangsung pukul 14.30 WITA, setelah kolam penampungan air tambang jebol dan longsor ke dalam terowongan.

Dalam kejadian itu 12 pekerja berhasil menyelamatkan diri, namun 10 lainnya terperangkap dalam terowongan. Belakangan, 9 dari 10 korban berhasil ditemukan dalam kondisi tewas. 1 korban lainnya bernama Misjo, tidak ditemukan hingga pencarian dihentikan.

Penulis: Zainal Hakim
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleLantik Anggota PAW MPR, Bamsoet Ingatkan Bahaya Intoleransi
Next articleIrwandi Cek Fungsi Pompa Berkapasitas 1000 Liter per-Detik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here