Terjebak di Pemandian Kotarih, Tim Gabungan Evakuasi 11 Pelancong

Sergai, PONTAS.ID – Delapan warga Kecamatan Batangkuis, Kabupaten Deli Serdang bersama tiga warga Tanjung Balai berhasil dievakuasi akibat terjebak banjir di pemandian Batu Jalur di Desa Perbaungan Kecamatan Kotarih, kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Tujuh dewasa dan empat lainnya anak di bawah umur diketahui mendatangi kawasan pemandian pada Senin (11/1/2021) sore.

“Selesai dievakuasi, rombongan langsung dibawa pulang dalam keadaan selamat,” kata Kapolsek Kotarih IPTU D. Panjaitan saat dihubungi PONTAS.id, Rabu (13/1/2021) pagi

“Mobil yang mereka tumpangi ditinggalkan di lokasi dan dijaga warga karena situasinya malam itu tidak memungkinkan dikeluarkan. Dan memang kurang tepat kalau hanya untuk mandi-mandi datangnya sore hari,” kata Panjaitan.

Sehari sebelumnya, Kapolres Sergai, AKBP Robinson Simatupang menjelaskan, sekitar pukul 19.00 WIB hujan deras terjadi di wilayah Kotarih sehingga memaksa rombongan berteduh di gubuk yang ada di pemandian.

“Mendadak, air sungai Batu Jalur meluap sehingga air menutup jalan keluar dari kawasan pemandian. Untungnya rombongan keluarga tersebut berteduh dengan memilih tempat yang lebih tinggi,” kata Kapolres, Selasa (12/1/2021).

Personel Polsek Kotarih kata Kapolres kemudian meminta bantuan Basarnas, PMI Deli Serdang dan instansi terkait lainnya, untuk menyelamatkan rombongan yang terjebak itu.

15 personel Basarnas dipimpin M. Yunus bersama tim PMI sekitar pukul 23.00 WIB tiba di lokasi dan melakukan penyelamatan, “Sekitar pukul 00.05 WIB dini hari, rombongan berhasil dievakuasi ketika air sungai mulai surut,” jelas Kapolres.

Penulis: Andy Ebiet
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here