Walikota Tebingtinggi Cek Gudang Vaksin Covid-19

Tebingtinggi, PONTAS.ID – Sambil menunggu kedatangan vaksin Covid- 19 dari Pemerintah Pusat, Walikota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan, memantau dan meninjau persiapan tempat lokasi penyimpanan Vaksin tersebut di Kantor Dinas Kesehatan Tebingtinggi.

“Sebelum vaksin tiba, Pemko Tebingtinggi telah mempersiapkan tempat penyimpanan vaksin dalam satu pintu di Dinas Kesehatan. Tempat penyimpanan ini harus benar-benar aman dan tetap menjaga standar prosedur sesuai SOP yang ditentukan oleh Pemerintah,” ujar Umar Pada Jumat siang (08/01/2021).

Menurutnya, saat ini pihaknya belum mengetahui secara detail berapa jumlah dan jenis vaksin yang akan diserahkan oleh pemerintah pusat kepada pemko Tebingtinggi.

“Terkait berapa banyak jumlahnya dan apa nama vaksin tersebut, kita belum mengetahuinya. Karena hingga saat ini Pemko Tebingtinggi belum menerima berapa jumlah kuotanya dan masih menunggu konfirmasi dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara,” jelas Umar.

Terpisah, Kadis Kesehatan Kota Tebingtinggi, dr Nanang Fitra Aulia mengatakan bahwa orang pertama yang akan mendapatkan vaksin adalah para tenaga kesehatan. Hal ini sesuai dengan yang sudah ditentukan oleh Pemerintah Pusat.

“Para tenaga medis menjadi garda terdepan dalam penangan Covid-19 dan orang yang terlibat langsung dalam percepatan memutus mata rantai Covid-19,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, lokasi penyiapan vaksin sudah ditentukan di ruangan Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kota Tebingtinggi. Karena lokasi tersebut masih bisa dipantau jika ditinjau dari segi keamanan vaksin.

“Vaksin ini harus benar-benar dipantau setiap hari seperti kelembaban lantai dan tempat box spesial penyimpanan vaksin. Suhunya pun harus mulai dari 2 derajat celsius hingga 8 derajat celsius. Apabila suhunya lebih dari angka tersebut, maka vaksin tidak lagi sesuai dengan standarnya,” tutup Nanang.

Sebagai informasi, dalam meninjau tempat penyimpanan vaksin Covid-19 di ruangan Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan yang berada di Jalan Gunung Lauser, Kota Tebingtinggi, Walikota Umar Zunaidi Hasibuan didampingi Sekretaris Daerah Muhammad Dimiyathi dan Kadis Kominfo Dedi Siagian disambut Kadis Kesehatan dr Nanang Fitra Aulia

Penulis: Hormianna br Purba
Editor: Rahmat Mauliady

Previous article2021, Gas Bumi Diopimalkan untuk Kebutuhan Domestik
Next articleHabiskan 511 Miliar, Jokowi Resmikan Renovasi Masjid Istiqlal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here