Antisipasi Nataru, Pemkot Tebingtinggi Gencarkan Razia Covid-19

Tebingtinggi, PONTAS.ID – Pemerintah Kota Tebingtinggi mengimbau warganya tidak bepergian saat liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Imbauan ini merujuk Surat Edaran Nomor: 443.1/2144/STPCOVID-19/TT/XII/2020, tentang, Antisipasi dan Pencegahaan Peningkatan Kasus Covid-19 dan Keamanan Masyarakat Selama Libur Natal dan Tahun Baru.

Surat Edaran ini diteken Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan, menindaklanjuti UU Nomor: 6/2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, PP Nomor: 21/2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.

“Dan Keputusan Presiden Nomor: 7/2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 serta beberapa Keputusan dan Peraturan Wali Kota Tebingtinggi,” jelas Juru Bicara Satgas Covid-19 Tebingtinggi, yang juga menjabat Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Dedi Parulian Siagian di Sekretariat Posko Covid-19 Tebingtinggi, Senin (21/12/2020).

“Pemerintah Kota mengharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Tebingtinggi agar tidak melakukan perjalanan atau liburan keluar kota,” kata Dedi.

Surat Edaran itu juga ditujukan bagi masyarakat pemudik atau pendatang dari luar Kota Tebingtinggi yang wajib menunjukkan hasil pemeriksaan Rapid Test maupun Swab Test yang masih berlaku.

“Kita sampaikan secara berjenjang melalui Kepling ke Lurah dan Camat serta berkordinasi dengan puskesmas setempat,” papar Dedi.

Selain itu, Pemko Tebingtinggi juga menyiapkan ruang isolasi atau karantina bagi warga pendatang yang hasil pemeriksaan Rapid Test nya Reaktif.

Dengan terbitnya aturan itu lanjut Dedi, mulai hari ini, petugas Penanganan Covid-19 akan melaksanakan operasi menjelang Natal dan Tahun Baru hingga 4 Januari 2021.

“Pemko Tebingtinggi berharap agar masyarakat dapat memahaminya dan bersama-sama melaksanakan disiplin Protokol Kesehatan dengan menghindari atau tidak melakukan kegiatan yang sifatnya menimbulkan kerumunan,” tutupnya

Penulis: Hormianna br. Purba
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleDorong Pertumbuhan Ekonomi, Surya Tjandra : Perlu Kolaborasi Lintas Sektor
Next articleDistribusi BBM saat Nataru, Elnusa Petrofin Terjunkan 1.620 Armada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here