Perpindahan Ibu Kota, Kemenhub Teken Konsesi Pelabuhan Muara Berau

Dirjen Perhubungan Laut, Agus Purnomo

Jakarta, PONTAS.ID – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menandatangani Perjanjian Konsensi antara Kantor KSOP Kelas II Samarinda dengan PT. Pelabuhan Tiga Bersaudara tentang Pengusahaan Jasa Kepelabuhanan tada Terminal Alih Muat Barang Muara Berau di Pelabuhan Samarinda, Kalimantan Timur.

Merujuk laman resmi Kementerian Perhubungan yang dikutip PONTAS.id, Sabtu (5/12/202020, tujuan utama perjanjian konsensi ini adalah untuk meningkatkan kualitas, efisiensi pengelolaan serta optimalisasi dalam penyediaan dan/atau pelayanan jasa kepelabuhanan.

“Termasuk di dalamnya upaya untuk meningkatkan pendapatan negara melalui pembayaran pendapatan konsesi sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP),” kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Agus Purnomo dalam sambutannya di Hotel Des indes, Jakarta, Jumat (4/12/2020).

Dijelaskan Agus, dengan ditandatanganinya perjanjian konsensi ini, maka KSOP Samarinda secara resmi telah memberikan penugasan dan hak konsesi selama 25 tahun kepada PT. Pelabuhan Tiga Bersaudara melakukan kegiatan pengusahaan jasa kepelabuhanan pada area konsesi.

“Besaran pendapatan konsesi yang telah ditetapkan sebesar 5 persen dari pendapatan kotor atau bruto,” kata Agus.

Selama jangka waktu yang ditetapkan, PT. Pelabuhan Tiga Bersaudara berkewajiban menjalankan seluruh ketentuan peraturan perundang-undangan atas konsesi, termasuk memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa atas tarif jasa kepelabuhanan yang dikenakan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Sehingga rencana besar pemerintah dalam rangka optimalisasi pengusahaan jasa kepelabunanan dapat benar-benar dirasakan manfaatnya bagi seluruh masyarakat secara luas,” tutup Agus.

Sebagai informasi Kerjasama pemerintah dengan BUP di bidang kepelabuhanan telah diatur secara teknis dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 15 Tahun 2015 tentang Konsesi dan Bentuk Kerjasama Lainnya Antara Pemerintah Dengan BUP di Bidang Kepelabuhanan.

Penandatangan perjanjian konsensi dilakukan Mukhlis Tohepaly selaku Kepala Kantor KSOP Kelas II Samarinda dengan Ika Pusparini selaku Direktur Utama PT. Pelabuhan Tiga Bersaudara dan disaksikan para Pejabat di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Penulis: Pahala Simanjuntak
Editor: Rahmat Mauliady

Previous articleDPR: Sinergi BRI, PNM dan Pegadaian Harus Perkuat UMKM
Next articlePro Aktif Tangani Covid-19, Pertamina Diganjar Penghargaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here