Pro Aktif Tangani Covid-19, Pertamina Diganjar Penghargaan

Kantor Pusat PT Pertamina (Persero)

Jakarta, PONTAS.ID – Keterlibatan aktif PT Pertamina (Persero) dalam penanganan dan pencegahan Covid-19 berbuah penghargaan.

Ya, BUMN migas Tanah Air itu mendapatkan penghargaan Iconomics CSR Award 2020  untuk kategori  “Migas Inisiatif Tanggap Darurat Covid-19 – Dukungan Kesehatan Medis dan UMKM”.

Pemberian Penghargaan dilakukan secara daring dari  Iconomics, penyelenggara CSR Award 2020 dan diterima Vice President CSR dan SMEPP Pertamina, Arya Dwi Paramita, Jumat (4/12/2020) malam.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, mengatakan, dalam menjalankan program tanggung jawab sosial dan lingkungan, Pertamina selalu berpedoman pada ISO 26000 dengan memperhatikan aspek inklusif dan kolaboratif untuk mencapai target kemandirian masyarakat serta mendukung Pemerintah di dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Hal ini juga merupakan bagian dari implementasi ESG (Environmental, Social, Governance)/LST(Lingkungan, Sosial, Tata Kelola) dalam bidang sosial.

“Selama masa pandemi Covid-19, program tanggung jawab sosial Pertamina difokuskan pada upaya pencegahan penularan Covid-19 melalui bantuan kesehatan dan penguatan komunitas serta mendampingi UMKM agar tetap mampu bertahan selama masa pandemi. Ini adalah komitmen dari implementasi ESG kami untuk senantiasa memberikan manfaat yang berkelanjutan untuk masyarakat,” ujar Fajriyah, Sabtu (5/12/2020).

Fajriyah menambahkan, penghargaan ini adalah apresiasi dan pengakuan atas keterlibatan aktif Pertamina mendukung pemerintah dalam upaya menanggulangi Covid-19 selama tahun 2020.

“Penghargaan ini akan menjadi penambah semangat semua tim dan relawan Pertamina untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan  kepada masyarakat,” imbuh Fajriyah.

Sementara, Founder & CEO Iconomics, Bram S. Putro, mengatakan, penghargaan dilakukan berdasarkan kegiatan riset kualitatif yang melalui 3 tahapan.

Pertama, identifikasi perusahaan-perusahaan yang memiliki kegiatan CSR dalam setahun terakhir.

Kedua, media monitoring kegiatan CSR perusahaan Indonesia yang dilakukan pada berita-berita yang dimuat di media nasional sejak Januari 2020.

Ketiga, analisa kegiatan CSR perusahaan berdasarkan pendekatan sukarela mengenai tanggung jawab sosial perusahaan.

“Award ini memiliki nilai penting  bagi pengembangan program CSR perusahaan untuk masyarakat, komunitas dan lingkungan. Diharapkan, Award ini dapat mendorong inovasi-inovasi dalam Program CSR perusahaan yang  bisa mempercepat pemulihan ekonomi, sosial dan budaya akibat Covid-19,” tandasnya.

Komitmen Pertamina terhadap implementasi ESG diaplikasikan dalam berbagai program, salah satunya adalah program CSR ini.

“Kami yakin, setiap program yang kami jalankan dapat mewujudkan keberlanjutan yang lebih baik untuk Indonesia,” pungkas Fajriyah.

Penulis: Riana

Editor: Stevanny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here