Cegah Covid-19, RSUD Bangil Gencarkan Promosi Kesehatan

Pasuruan, PONTAS.ID – Program atau gerakan Kesehatan yang canangkan oleh Pemerintah merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan kualitas Kesehatan masyarakat. Beberapa gerakan yang tercanangkan yakni Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GMHS) atau Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Hal ini dapat menjadi sebuah gerakan yang sukses dengan dukungan promosi Kesehatan,” kata Kasubag Humas dan Pemasaran, RSUD Bangil, Hayat kepada PONTAS.id, melalui keterangan tertulisnya, kepada PONTAS.id, Rabu (2/12/2020).

Tujuan dari promosi Kesehatan kata Hayat, yang paling utama adalah memberikan informasi yang pada tingkatan lebih lanjut dapat memicu kesadaran masyarakat mengenai program atau gerakan yang tengah dicanangkan oleh Pemerintah .

“Direktorat promosi Kesehatan menjadi bagian yang secara khusus membawahi segala aktifitas Promosi Kesehatan (PromKes) yang ditujukan bagi masyarakat luas,” terangnya.

Di masa Pandemi, tim RSUD Bangil Kabupaten Pasuruan kata Hayat juga telah melaksanakan Bakti Sosial (BakSos) berupa Promosi Kesehatan tentang pencegahan penularan Covid-19, pada hari Selasa (24/11/2020) bertempat di Balaidesa Tanggulangin, Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur .

Kegiatan yang juga diikuti dirinya itu, lanjut Hayat, diikuti aparat desa, tim penggerak PKK desa, Kader Kesehatan, tokoh agama, dan warga sekitar. “Juga dihadiri Kepala Desa, Sekcam Kejayan, tim dari RSUD Bangil dipimpin dr. Cahyo Aries.

Dalam kesempatan itu, dr. Cahyo Aries menyampaikan, pencegahan penularan Covid-19 bisa dilakukan dengan tetap mendisiplinkan diri sesuai Protokol Kesehatan seperti memakai masker, sering mencuci tangan memakai sabun dan tetap harus menjaga jarak.

“Dan menghindari kerumunan, mengkonsumsi makanan yang bergizi. Juga harus setiap hari mengontrol Kesehatan ke fasilitas Kesehatan seperti Klinik, Puskesmas dan Rumah Sakit. Tak perlu merasa takut akan di-Covidkan,” pungkasnya.

Penulis: Abdullah
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleKerjasama RI-AS di Bawah Joe Biden Harus Utamakan Kepentingan Nasional
Next articleGenjot Investasi Migas, Ini Jurus Pemerintah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here