Pemkot Jakpus Kolaborasi dengan FKDM dan PMI Gelar Donor Darah

Jakarta, PONTAS.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat berkolaborasi dengan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan Palang Merah Indonesia (PMI) akan menggelar donor darah.

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Setko Jakpus, M. Fahmi menerangkan, kegiatan ini akan dilaksanakan tgl 18 November dan 21 November mendatang.

Menurutnya, tanggal 18 nanti akan diadakan di Ruang Serbaguna Kantor Wali Kota Jakpus, sementara tanggal 21 di SMAN 5 Jakpus.

“Tanggal 18 untuk Kecamatan Tanah Abang, Kecamatan Senen, Kecamatan Gambir, Kecamatan Menteng, dan Kecamatan Johar Baru, Sementara tanggal 21 Kecamatan Kemayoran, Kecamatan Sawah Besar, dan Kecamatan Cempaka Putih,”ungkapnya, Jumat (6/11/2020).

Kegiatan donor darah ini, lanjut Fahmi, merupakan salah satu upaya mengamankan stok darah yang dimiliki PMI saat ini. Sebab, di masa pandemi Covid-19 PMI mengalami kekurangan stok darah.

‘’PMI bersurat kepada provinsi dan tingkat kota untuk mengadakan donor darah, karena selama pandemi ini orang takut donor darah. Untuk itu, Pemkot Jakpus memfasilitasi tempat, PMI siapakan peralatannya, FKDM untuk pesertanya. Ini jadi kolaborasi kita,” jelasnya.

Untuk peserta sendiri, Fahmi mengatakan, mayoritas merupakan anggota FKDM yang ada di tingkat kelurahan. Namun tidak menutup kemungkinan ada pendonor dari masyarakat umum.

Ia juga menegaskan, pelaksanaan donor darah ini akan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Seluruh peserta harus melaksanakan 3M, dan kita juga buat jadwal untuk peserta agar jamnya bisa diatur. Sehingga pelaksanaan donor darah ini tetap terjaga,” tandasnya.

Penulis: Zulfatun/Tajuli

Editor: Luki Herdian

Previous articleLagi, Pertamina Beri Sanksi Empat Pangkalan LPG Nakal
Next articlePuskesmas Udanawu Lakukan Imunisasi di SD MI Wahid Hasyim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here