Tingkatkan Perekonomian, Bupati Asahan Resmikan Pasar Rakyat

Asahan, PONTAS.ID – Bupati Asahan, Surya mengimbau seluruh pedagang yang ada di Pasar Kedai Ledang untuk menjaga dan merawat pasar tersebut dengan baik serta berdagang dengan jujur sehingga pembeli semakin banyak yang datang untuk berbelanja.

Imbauan tersebut disampaikannya saat meresmikan Pasar Rakyat Kedai Ledang yang berlokasi di Kelurahan Kedai Ledang, Kecamatan Kota Kisaran Timur, Asahan, Sumatera Utara.

“Rawat dan jaga kebersihan pasar ini, dengan adanya pasar ini diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” ucap Surya, Rabu (23/9/2020).

Pasar Rakyat Kedai Ledang dibangun diatas lahan seluas lebih kurang 1.878 M2 dengan pelataran ukuran 28 × 10 M, pelataran terbuka ukuran 2 × 2,5 M sebanyak 40 unit, pelataran meja ukuran 2 × 2,5 M sebanyak 16 unit, kios ukuran 2 × 2,5 M sebanyak 9 unit, kamar mandi ukuran 2,75 × 3,5 M sebanyak 2 bilik, area parkir ukuran 24 × 26 M sebanyak 40 unit dan dengan jumlah pedagang sebanyak 65 orang.

Dalam sambutannya tersebut, Surya juga mengingatkan para peminjam dana bergulir dengan mengatakan bahwa dana pinjaman bergulir bukanlah hibah ataupun bantuan, melainkan dana pinjaman yang bersumber dari APBD Kabupaten Asahan.

Yang bertujuan untuk membantu penguatan modal koperasi dan usaha mikro, sehingga pengembangan dan kemandirian pelaku usaha mikro guna dapat terwujud dan mempercepat pertumbuhan dan pemerataan ekonomi daerah.

“Jadi dana bergulir wajib dikembalikan tepat waktu agar pelaku koperasi dan usaha mikro yang lain bisa juga menikmati manfaat dari dana bergulir tersebut,” katanya.

Acara peresmian pasar tersebut juga diisi dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati dan juga pemberian santunan kepada anak yatim dan kaum dhuafa serta penyerahan buku tabungan dana pinjaman bergulir sebanyak 35 orang yang dilakukan secara simbolis.

Penulis: Bayu Kurnia Jaya
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here