ESDM Dorong PLN Memasyarakatkan Kompor Listrik

Jakarta, PONTAS.ID – Sistem kelistrikan di Indonesia telah siap mendukung program kompor induksi listrik. Untuk itu PT PLN (Persero) diharap dapat terus memasyarakatkan kompor ini.

“Tetap semangat dalam mengkampanyekan kompor induksi, Jangan kalah dengan pola dulu yang mengubah minyak tanah ke gas LPG,yang penting hasilnya yang keliatan menyeluruh secara nasional,” ujar Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Hendra Iswahyudi, Selasa (8/9/2020).

Lebih lanjut, Hendra mengatakan, Energy Security PLN sudah mampu memberikan jaminan pasokan kepada masyrakat dengan kecukupan pemasokannya. Sedangkan, di Energy Equality harusnya disalurkan merata keseluruh pelosok masyarakat dengan memperbaiki transmisi distribusi. Selanjutnya pada Energy Sustainability difokuskan perlindungan yang lebih bersih mengurangi penuruanan emisi gas rumah kaca yang menjadi konsep global.

Hendra menyampaikan untuk ke depannya, pemerintah telah memperkuat sistem kelistrikan dengan interkoneksi antar pulau. Melihat data Sistem Kelistrikan Nasional Berdasarkan Cadangan Sistem Operasi, Hendra bilang, PLN sudah siap degan banyaknya daerah yang kondisi pasokannya normal.

Menurutnya, meskipun beberapa daerah memiliki cadangan daya lebih kecil dari pembangkit terbesar, atau secara teknis disebut siaga, tapi hal ini disebutnya sudah cukup untuk melayani pelanggan. Ia juga mengajak, PLN untuk mencari potensi daerah-daerah pemasaran kompor induksi yang mengalami kesulitan pendistribusian gas LPG.

“Kami mendapatkan informasi waktu ke Bangka Belitung PLN sudah punya satu pulau yang masyrakatnya semuanya make kompor Induksi karena (biaya) distribusi LPGnya jauh lebih besar dan lebih mahal,” ujar Hendra.

Di akhir penjelasannya, Hendra mengapresiasikan kepada PLN yang sudah secara intens memperkenalkan Kompor Induksi dikalangan masyarakat. Hendra juga memberi semangat kepada PLN untuk meningkatkan stimulus paket bundling yang menarik agar masyarakat dapat segera menggunakan kompor induksi tersebut.

Sementara itu, Dirut PLN, Zulkifli Zaini, menyampaikan bahwa Hari Pelanggan Nasional merupakan hari yang penting dan istimewa bagi PLN karena menurutnya pelanggan adalah hal yang terpenting bagi suatu perusahaan.

“Dengan adanya pelanggan membuat suatu perusahaan menjadi tumbuh, dan dengan adanya pelanggan yang loyal akan membuat suatu perusahaan memiliki daya saing yang kuat,” ujarnya.

Di Hari Pelanggan Nasional, kata Zulkifli, manajemen PLN ingin mengajak seluruh masyarakat untuk menggunakan energi bersih dan ramah lingkungan. Hal ini dilakukan untuk mendukung pemerintahan mendorong konsumsi listrik perkapita Indonesia karena konsumsi energi terutama listrik berkaitan dengan kemajuan Perekonomian dan Industri suatu Bangsa.

“Kami seluruh Manajemen PLN berkomitmen untuk bertransformasi menjadi lebih Green atau Hijau demi melindungi generasi masa depan, generasi anak-anak, cucu kita semua dengan menyediakan energi yang ramah lingkungan,” ujar Zulkifli.

Zulkifli juga mengungkapkan di Hari Pelanggan Nasional PLN telah mewujudkan kampung yang bersih yaitu menggunakan energi bersih dan ramah lingkungan,menggunakan kompor listrik bukan menggunakan kompor gas yang dapat mengeluarkan udara kurang sehat.

Penulis: Riana

Editor: Stevanny

Previous articleElnusa Tuntaskan Survei Seismik 2D Laut di Perairan Saumlaki
Next articleWalkot Tebing Tinggi Sampaikan Nota Pengantar P-APBD TA 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here