Masa Reses, Politikus PKS Ini Kunjungi Usaha Budi Daya Tanaman Hias Pondok Anggrek

Anis Byarwati mengunjungi Usaha Budidaya Tanaman Hias Pondok Anggrek Milik Tina Agustin
Anis Byarwati mengunjungi Usaha Budidaya Tanaman Hias Pondok Anggrek Milik Tina Agustin

Jakarta, PONTAS.ID – Dimasa reses Anggota DPR Fraksi PKS dari Dapil I DKI Jakarta, Anis Byarwati melakukan kunjungan ke dapilnya salah satunya yang dikunjungi adalah usaha budi daya tanaman hias milik Tina Agustin.

Berawal dari hobi budi daya tanaman anggrek, Tina Agustin sekarang memiliki usaha budi daya tanaman hias yang menghasilkan pundi-pundi uang.

Dalam kunjungannya itu, Anis berdialog dan mendengarkan kisah sukses Pondok Anggrek milik Tina. Latar belakang Pendidikan Tina Agustin menyandang gelar sarjana Psikologi dan Komunikasi, ternyata tidak berkaitan erat dengan bidang usaha yang kini digelutinya. Usahanya ini, justru merupakan hasil kolaborasi Tina dengan tetangganya Ibu Endang. Tina melakukan budi daya dan perawatan tanaman hias, diatas lahan milik Endang.

Anis yang juga penyuka tanaman hias khususnya tanaman anggrek, dengan serius memperhatikan Tina menceritakan perjalanan usahanya dan mengajukan pertanyaan seputar perawatan tanaman anggrek. Koleksi Pondok Anggrek Tina cukup beragam, mulai dari Anggrek Bulan, Cattleya, Anggrek Hutan dan berbagai macam tanaman hias lainnya.

Dalam dialog yang dilakukan di rumah Ibu Endang, Anis mengungkapkan rasa gembiranya dan penghargaan atas apa yang dilakukan Tina, Endang dan warga sekitar yang bersama-sama melakukan budi daya tamanan hias. Karena selain indah, pemanfaatan lahan di kota Jakarta yang terbatas ini ternyata dapat menjadi usaha yang benilai ekonomi dan ramah lingkungan.
“Kreatifitas yang luar biasa dan tidak menyerah pada keterbatasan lahan yang ada,” ungkapnya, Rabu (29/7/2020).

Dalam perbincangan selanjutnya, terungkap bahwa hobi yang sudah berlangsung selama beberapa tahun ini menuai hasil yang lumayan.

Melalui transaksi online dan Channel You Tube Cabe Rawit, usaha tanaman hias Pondok Anggrek ini mampu meraup penghasilan sekira 40 juta rupiah per bulan. Channel Cabe Rawit milik Tina ini sekarang sudah mencapai sejumlah 175.000 subscriber dan ditonton lebih dari 2 juta orang.

Hobi Tina dalam melakukan budi daya tanaman anggrek, menginspirasi Endang sebagai Ketua RT untuk menjadikan budi daya tanaman anggrek sebagai ikon wilayah RT nya. Cita-cita Endang ini disambut baik oleh Anis.

“Mudah-mudahan suatu hari nanti, RT bu Endang dikenal sebagai Kampung Anggrek,” harap Anis yang juga Anggota Baleg DPR.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleDPR: Jangan Jadikan Masyarakat Sebagai ‘Kelinci Percobaan’
Next articleSemester I 2020, 24 Pembangkit EBT Beroperasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here