Hadiri ‘Pasae Ulaon’, Wabup Sergai: Petani adalah Kebanggaan

Sergai, PONTAS.ID – Warga desa Hutanauli, Kecamatan Dolok Masihul, Sergai yang sebagian besar penduduknya berasal dari etnis Batak Toba, kembali menggelar kegiatan tahunan berupa tradisi ‘Pasae Ulaon’.

Kegiatan ini sebagai ucapan syukur bagi sang Pencipta sekaligus berdoa agar hasil panen dari sawah yang baru saja mereka tanam menghasilkan padi yang berlimpah.

Menariknya, tradisi yang telah digelar sejak lama ini, dihadiri Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Darma Wijaya di Desa Hutanauli, Sabtu (4/7/2020).

“Sudah seharusnya kita selalu bersyukur, apalagi karena telah selesai melaksanakan penanaman padi dengan baik,” kata Darma mengawali sambutannya.

Petani kata Darma merupakan kebanggaan, terlebih karena dirinya juga meski sudah menjabat Wakil Bupati masih tetap mempertahankan profesi petani padi.

“Sawah saya ada di Desa Paya Mabar, kami bersama masyarakat bersama-sama menggarap sawah. Lahan itu dulunya tidak produktif, kemudian disulap menjadi persawahan yang nantinya keuntungan dari lahan yang saya miliki akan disumbangkan kepada masyarakat Sergai yang kurang mampu,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Hutanauli, Hutabarat dalam kesempatan itu menyampaikan rasa terimakasih kepada Wabup yang telah menyempatkan untuk hadir pada acara kami ini.

“Kegiatan ini secara rutin kami laksanakan setiap tahunnya untuk menyampai kan rasa syukur kepada Tuhan YME atas terselesaikannya dengan baik tanam padi di desa kami,” pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut para tokoh masyarakat,warga desa yang umumnya petani dan beberapa Kepala Desa di kecamatan Dolok Masihul.

Penulis: Andy Ebiet
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleDukung KSPN Borobudur,  PUPR Bangun Gerbang Klangon 
Next articleKLHK Buru Cukong Pembalakan Kayu di Kalbar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here