Harganas ke-27, BKKBN Gelar Pelayanan KB Sejuta Akseptor di Wilayah Jakpus

Perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27
Perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27

Jakarta,PONTAS.ID – Dalam rangka perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) melaksanakan pelayanan KB sejuta akseptor.

Kegiatan tersebut dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada Senin (29/6/2020) dan akan dilakukan pencatatan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) dengan target sebanyak satu juta akseptor.

Di wilayah Jakarta Pusat sendiri kegiatan ini dilaksanakan di tiga lokasi yaitu, RS Budi Kemuliaan, Puskesmas Kecamatan Sawah Besar dan Praktek Mandiri Bidan (PMB) D. Artiningsih.

Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan BKKBN, Muhammad Rizal Martua Damanik, hadir melihat langsung pelaksanaan dari lokasi PMB D. Artiningsih di Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Kemayoran.

“Hari Keluarga Nasional ini bertujuan untuk mengingatkan kepada kita bahwa keluarga mempunyai peran penting bagi kemajuan bangsa. Jika dalam unit terkecil ini (keluarga) berjalan dengan baik, unit yang besarpun akan sukses dan lancar.” ungkap Muhammad Rizal, didampingi Kasudin PPAPP Jakpus, Eny Rosianingsih dan Camat Kemayoran, Asep Mulyaman.

Ia menjelaskan, BKKBN mempunyai tugas dan fungsi, membangun keluarga berencana mulai dari calon jabang bayi yang masih dalam kandungan, hingga menjadi lansia yang tangguh.

“Semua ini diproses dalam keluarga, kecukupan gizi dari balita, mulai dari pemberian ASI eksklusif selama enam bulan, menyusui selama dua tahun, dilengkapi dengan makanan pendamping. Masuk ke masa remaja yang bebas narkoba, tidak melakukan pernikahan dini dan seks bebas sehingga, tumbuh menjadi orang tua yang hebat yang siap untuk melahirkan generasi yang berkualitas,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Cabang Jakarta Pusat, Indrayati mengatakan pemerintah dan BKKBN akan terus memantau perkembangan kelahiran yang ada di DKI Jakarta.

“Semoga ibu-ibu yang melahirkan bisa kita bantu semua, dan untuk PMB bisa melayani pasien-pasien yang akan melahirkan,” tandasnya.

Penulis: Tajuli

Editor: Luki Herdian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here